PENEMUAN BARU : Ribuan Koin Kuno Seberat 13,5 Kg Ditemukan di Gedad

Kanit Reskrim Polsek Playen Aiptu Teguh Priyo menunjukan ribuaan koin kuno yang ditemukan oleh warga Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Playen. Jumat (21/10/2016).(David Kurniawan/JIBI - Harian Jogja)
21 Oktober 2016 22:55 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Penemuan baru kali ini berupa koin kuno.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Warga Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Playen digegerkan penemuan ribuan koin logam kuno seberat 13,5 kilogram.

Informasi yang dihimpun Harianjogja.com, Jumat (21/10/2016), temuan logam kuno pertama kali ditemukan Saridi, warga Dusun Gedad pada Minggu (9/10/2016). Saat itu, Saridi sedang membersihkan perkarangan yang berada di belakang rumah. Tanpa sengaja, ia menemukan sejumlah koin dengan lubang di bagian tengah. Dalam temuan itu, benda yang mirip dengan uang kuno ini terdapat tulisan China.

Kabar temuan logam kuno ini kemudian cepat menyebar sehingga mengundang anak-anak di wilayah tersebut untuk melakukan pencarian. Hasilnya dalam kurun waktu dua minggu, koin logam yang ditemukan mencapai ribuan dan saat ditimbang beratnya mencapai 13,5 kg.

“Pencairan tidak setiap hari karena banyak dilakukan saat libur, khususnya di hari Minggu,” kata Kepala Unit Reskrim Polsek Playen Aiptu Teguh Priyo kepada wartawan, Jumat kemarin.

Menurut dia, meski penemuan sudah berlansung sejak dua minggu lalu. Namun Saridi baru melaporkan ke pihak kepolisian pada Kamis (20/10/2016). Lapor ini ditindaklanjuti petugas dengan mengamankan ribuan koin tersebut di Mapolsek.

“Kita hanya mengamankan. Sedang untuk mengetahui pasti tentang koin-koin ini akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata guna penelitian lebih lanjut,” katanya.