KEBAKARAN BANTUL : Kebakaran Mebel di Jalan Parangtritis Diduga dari Oven

Ilustrasi (Backgroundpictures.org)
22 Oktober 2016 15:20 WIB Arief Junianto Bantul Share :

Kebakaran Bantul yang terjadi di mebel di Jalan Parangtritis diduga berasal dari oven pengering

Harianjogja.com, BANTUL- Kapolsek Sewon Kompol Iman Santoso mengungkapkan dugaan sementara penyebab kebakaran itu berasal dari oven pengering kayu di dalam pabrik PT Jago Furniture.

(Baca juga : http://harianjogja.com/?p=762737" target="_blank">KEBAKARAN BANTUL : 2 Mebel Ludes Terbakar )

Dikatakannya, petugas pabrik bernama Purnomo yang tengah menambah jumlah kayu di dalam oven, mendadak api membesar.

“Dia sempat menyiramnya dengan air, tapi tidak padam, tapi justru malah membesar. Lalu dia pun meminta bantuan warga,” katanya saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (22/10/2016).

Setelah membakar hampir seluruh isi pabrik di PT. Jago Funiture, api lantas merembet ke pabrik mebel milik PT Kharisma yang berada tepat di sebelah utaranya. Lantaran kebakaran itu terjadi saat karyawan belum datang, maka dipastikannya peristiwa itu tak menelan korban jiwa.

“Sementara untuk kerugian materiil, kami masih terus melakukan pendataan. Yang pasti, ratusan karyawan dari kedua pabrik tadi segera mengevakuasi barang-barang lainnya agar tak ikut terbakar,” katanya.

Tak hanya berimbas pada kerugian materiil, kebakaran dua pabrik itu juga sempat menyebabkan arus lalu lintas di Jl. Parangtritis tersendat. Untuk mengantisipasinya, pihak petugas keamanan pun mengambil keputusan pengalihan arus.

Terkait hal itu, anggota Polsek Sewon, Aiptu Untoro Suprapto mengatakan, lantaran pemadaman lokasi pabrik seluas hampir 1 hektar itu membutuhkan waktu berjam-jam, maka pihaknya pun memutuskan untuk mengalihkan arus lalu lintas di sekitar lokasi.

“Untuk arus lalu lintas dari arah utara menuju selatan sebelum pabrik diarahkan ke kanan arah Jalan Bantul Barat. Sedangkan dari arah selatan ke utara dari simpang tiga lampu appil Tembi diarahkan ke Barat menuju Jalan Bantul,” terangnya.