PILKADA JOGJA : Selasa Pengumuman Nomor Urut

24 Oktober 2016 10:55 WIB Sunartono Jogja Share :

Pilkada Jogja, dua paslon segera diumumkan.

Harianjogja.com, JOGJA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja akan melakukan pengundian nomor urut  pasangan calon (paslon) yang akan bertarung dalam pemilihan walikota 2017 pada Selasa (25/11/2016).  Dua paslon Haryadi Suyuti - Heroe Poerwadi dan Imam Priyono - Achmad Fadli dipastikan telah memenuhi syarat dalam mengikuti kompetisi merebutkan kursi orang nomor satu di Kota Jogja.

Komisioner Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Politik KPU Kota Jogja Sri Surani menjelaskan penetapan paslon dilaksanakan di Kantor KPU Kota Jogja, Jalan Magelang 41 Tegalrejo, Kota Jogja pukul 10.00 WIB, Senin (24/10/2016). Setelah tahapan penetapan paslon, pengundian nomor urut akan dilakukan pada Selasa (25/10/2016) pukul 09.30 WIB di KPU Kota Jogja. Sedangkan untuk kampanye akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.

Hal yang harus diperhatikan oleh paslon tersebut, setelah ditetapkan dan mendapatkan nomor urut adalah, bagi petahana atau pejabat pemerintahan sebaiknya mulai tidak menggunakan fasilitas negara lagi. Sehingga pada saat kampanye 28 Oktobor tidak ada lagi fasilitas negara yang dipakai kampanye.

"Yang perlu diperhatikan, tidak boleh lagi dilakukan tentu saja menggunakan fasilitas negara, seperti rumah dinas mobil dinas," kata dia.

Ketua KPU Kota Jogja Wawan Budiyanto menambahkan saat pengundian nomor urut, pihaknya memberikan batasan sekitar 15 orang untuk jumlah massa pendukung yang akan hadir dalam pengundian nomor urut karena keterbatasan daya tampung.

"Untuk undangan sudah kami siapkan. Kami membatasi jumlahnya karena persoalan teknis lokas saja," ungkapnya, Minggu (23/10/2016)

Sementara itu, menurut Rani, setelah proses tersebut di atas, pihaknya juga merencanakan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) agar bisa segera mendapatkan respon dari masyarakat.