Advertisement

BENCANA SLEMAN : Ada 7 Bencana yang Mengancam Wilayah Sleman

Abdul Hamied Razak
Senin, 24 Oktober 2016 - 17:55 WIB
Nina Atmasari
BENCANA SLEMAN : Ada 7 Bencana yang Mengancam Wilayah Sleman Bupati Sleman Sri Purnomo melakukan inspeksi terhadap peralatan penanggulangan bencana seperti penanganan pohon tumbang, peralatan, pemadam kebakaran, bolduser, perahu karet kendaraan pendukung truk, armada ambulans dan sebagainya, Minggu (23/10/2016) di lapangan Denggung. (Abdul Hamid Razak/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Bencana Sleman mengancam warganya sehingga warga harus waspada

Harianjogja.com, SLEMAN- Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Kunto Riyadi menerangkan, Sleman termasuk 136 kota di Indonesia yang memiliki indeks kebencanaan paling tinggi dengan skor 97.

Advertisement

(Baca juga : http://harianjogja.com/?p=763190" target="_blank">INFO BENCANA : Sleman Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir dan Tanah Longsor)

Wilayah ini, memiliki tujuh ancaman bencana, mulai dari erupsi Gunung Merapi, banjir hujan lahar, gempa bumi, tanah longsor, angin kencang (puting beliung), kekeringan dan kebakaran.

"Selain angin ribut atau puting beliung, petir, banjir dan tanah longsor perlu diwaspadai," katanya, usai Upacara Apel Siaga Bencana yang diikuti oleh 1.200 personel dari berbagai unsur di lapangan Denggung, Minggu (23/10/2016).

Menurutnya, beberapa lokasi bencana sulit dipetakan akibat peningkatan pembangunan akhir-akhir ini. Begitu juga jenis bencana masih sukar diprediksi.

"Angin kencang dan sambaran petir itu susah dipetakan. Untuk itu, masyarakat lebih baik mengantisipasi ancaman bencana sedini mungkin. Lakukan hal-hal sederhana saja, misalnya memangkas pohon yang rindang, membersihkan selokan, dan sebagainya," lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yordania Tegaskan Larang Wilayah Udaranya Jadi Medan Tempur Iran vs Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement