Advertisement

PENDIDIKAN USIA DINI : Masuk PAUD Dulu Baru SD

Rabu, 26 Oktober 2016 - 21:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
PENDIDIKAN USIA DINI : Masuk PAUD Dulu Baru SD Sejumlah siswa PAUD bersiap untuk memperagakan permainan angklung dalam Gebyar PAUD 2016 di GOR Amongraga, Rabu (26/10/2016). (Arif Wahyudi/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Pendidikan usia dini perlu ditekankan sebelum menempuh pendidikan dasar.

Harianjogja.com, JOGJA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan anak didik mendapatkan bekal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dulu sebelum masuk ke sekolah dasar (SD). Nantinya anak didik harus mendapatkan bekal di PAUD minimal satu tahun sebelum masuk SD.

Advertisement

Dirjen Pendindidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan PAUD menjadi penentu kesuksesesan hasil program wajib belajar 12 tahun.

(Baca Juga : PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : Keluarga Harus Mendukung Kreativitas Anak)

Direktur Pembinaan PAUD Ela Yuliawati mengungkapkan PAUD merupakan sebuah investasi jangka panjang yang mendukung program pembangunan nasional.

"Pencapaian wajar 12 tahun akan menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu bila fonfasinya kuat. Fondasi dalam hal ini adalah PAUD yang bermutu," ujarnya dalam Gebyar PAUD di GOR Amongraga, Rabu (26/10/2016).

Ela mencatat, saat ini ada 32 juta PAUD. Potensi itu akan menjadi modal berharga dalam pembangunan nasional nantinya bila saat ini disiapkan serius.

Dia menghitung, pada tahun 2045 nanti, usia generasi PAUD saat ini adalah berkisar 29-35 tahun. Tingkatan umur tersebut merupakan usia angkatan kerja.

"Kita harus menyikapi bonus demografi ini sedini mungkin. Jangan sampai anak-anak ini nantinya justru menjadi beban pemerintah dalam pembangunan nasional," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement