PERTANIAN KULONPROGO : Bawang Merah Sri Kayang Jadi Varietas Unggul

26 Oktober 2016 00:20 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Pertanian Kulonprogo memiliki varietas unggul berupa bawang merah

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Salah satu produk bawang merah asal Kulonprogo yang dinamakan Sri Kayang diusulkan sebagai varietas unggulan nasional. Bawang ini dianggap unik karena memiliki kekhasan struktur DNA yang berbeda.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Kulonprogo, Bambang Tri Budi mengatakan bahwa bawang tersebut sedang masuk dalam usulan ke kementriaan terkait. Perbedaan DNA tersebut sudah dibuktikan dengan pengujian yang juga mengikutsertaan sejumlah varietas lainnya sejak 2004 silam.

“Tanaman asli Kulonprogo makanya diusulkan, apalagi daya tahannya tinggi,”jelasnya ketika dikonfirmasi, Senin (24/10/2016). Ia juga menambahkan  bawang tersebut memiliki aroma yang lebih tajam dan lebih harum. Meski demikian, bawang tersebut tidak memiliki keistimewaan dalam hal warna dan rasanya.

Bawang Sri Kayang biasanya ditanam di Lendah, Galur, dan sejumlah kawasan pesisir lainnya. Bambang berharap bahwa pengajuan bawang ini diharapkan bisa menjadi salah satu varietas lokal unggulan nasional seperti duriah menoreh kuning serta kelapa bojong bulat.