PILKADA KULONPROGO : Materi APK Siap, Laporan Dana Kampanye Masih Ditunggu

Pasangan Zuhadmono Azhari dan BRAy Iriani Pramastuti serta Hasto Wardoyo dan Sutedjo menunjukkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 di aula kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo, Selasa (25/10/2016). (Rima Sekarani I.N/JIBI - Harian Jogja)
27 Oktober 2016 15:20 WIB Rima Sekarani Kulonprogo Share :

Pilkada Kulonprogo segera masuk tahap kampanye

Harianjogja.com, KULONPROGO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo akan menyelesaikan proses pengadaan bahan dan alat peraga kampanye (APK) pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 pada Kamis (27/10/2016) besok.

Pada hari yang sama, setiap pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Kulonprogo juga diminta menyerahkan laporan awal dana kampanye.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulonprogo, Panggih Widodo mengatakan, desain untuk bahan kampanye dan APK sudah selesai digarap pada Selasa (25/10/2016) sore. Hasil final sudah dikomunikasikan dengan masing-masing tim paslon setelah rapat pleno pengundian nomor urut kemarin. “Masing-masing tim sudah langsung ke KPU,” kata Panggih, Rabu (26/10/2016).

Masa kampanye Pilkada 2017 dimulai pada Jumat (28/10/2016) mendatang. Meski begitu, KPU Kulonprogo telah meminta kepada setiap tim untuk mulai menyiapkan materi kampanye sejak beberapa waktu lalu. Contoh format yang dapat digunakan pun telah disampaikan.

Tim diharapkan hanya tinggal memasukkan nomor urut paslon setelah dilakukan pengundian. Dengan begitu, desain dan materi kampanye menjadi lebih cepat selesai sehingga pengadaan APK bisa segera dilakukan. “Mestinya sudah masuk percetakan,” ujar Panggih.

Seluruh materi kampanye ditargetkan selesai pada Kamis besok. Meski begitu, pemasangan tetap akan dilakukan setelah masa kampanye resmi dimulai. Panggih kemudian mengingatkan tim untuk menyerahkan laporan awal dana kampanye pada sehari menjelang masa kampanye.

Sementara itu, tim pemenangan pasangan Zuhadmono Azhari dan BRAy Iriani Pramastuti, Yusron Martofa mengaku desain dan materi kampanye sudah beres. Tim selanjutnya fokus mempersiapkan laporan awal dana kampanye.

Nomor rekening khusus untuk dana kampanye sudah dibuat. Mereka tinggal melakukan pengecekan tahap akhir dan segera melengkapi dan memperbaiki apabila masih menemukan data yang kurang.

Tim pemenangan pasangan Hasto Wardoyo dan Sutedjo, Istana juga menyatakan sudah selesai dengan urusan desain materi kampanye. Dia pun membenarkan jika tim telah berkomunikasi dengan KPU Kulonprogo terkait hasil desain finalnya pada Selasa kemarin.

Istana lalu mengatakan, tidak ada persiapan khusus terkait laporan awal dana kampanye. Dia sudah siap mengumpulkan laporan tersebut pada Kamis nanti. “Nanti sekalian kami serahkan daftar tim kampanye, petugas kampanye, tim kecamatan dan koordinator desa, tim advokasi, tim sekretariat bersama, dan relawan,” ucap Istana menguraikan.