PAMERAN KOMPUTER JOGJA : Update Teknologi Komputer dan Gadget di Pameran CES

Beberapa laptop dipamerkan oleh toko komputer KANA dalam ajang pameran Computer Exhibition Solutions (CES) di Jogja Expo Center (JEC), 27-31 Oktober 2016. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI - Harian Jogja)
28 Oktober 2016 10:55 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Pameran Kmputer Jogja digelar di Jogja Expo Center

Harianjogja.com, JOGJA-Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) DIY kembali menggelar pameran komputer di Jogja Expo Center, 27-31 Oktober 2016. Pameran hasil kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diaperindag) DIY ini ingin mengenalkan teknologi komputer maupun gadget terupdate bagi masyarakat.

Kepala Bidang Pameran Apkomindo DIY Tri Harjono mengatakan dalam setahun, Apkomindo menggelar pameran sebanyak enam kali. Dan pameran Computer Exhibition Solutions (CES) kali ini merupakan pameran ke-5 yang menghadirkan beragam laptop, PC, gadget, asesoris, sampai teknologi virtual reality.

"Pameran ini untuk update teknologi terbaru sehingga mereka yang ingin meningkatkan kinerja, apalagi pelajar yang ingin karya lebih bagus bisa menggunakan [teknologi] yang lebih bagus," kata Tri, Kamis (27/10/2016).

Ia melihat, saat ini kecenderungan perkembangan produk komputer lebih pada peningkatan performa teknologi, seperti prosesor. Bahkan beberapa smartphone sudah didesain mampu bekerja melebihi kapasitas tablet. Oleh sebab itu, teknologi-teknologi terbaru yang disajikan dalam pameran CES bisa menjadi referensi bagi masyarakat untuk memperbarui sarana teknologi yang mereka miliki.

Panitia menargetkan, pameran yang digelar selama lima hari ini mampu mendatangkan 50.000 pengunjung. Pameran ini diikuti 63 perusahaan yang terbagi 100 stan standar, 4 stan VVIP, 2 stan VIP, dan 10 stan spesial.

Bersambung ke halaman 2

Rokhid Fatony selaku Marketing KANA Komputer memprediksi pameran kali ini akan ramai karena jarak pameran CES dengan pameran Apkomindo sebelumnya lumayan jauh. "Jadi kan banyak produk dan teknologi yang bisa diupdate masyarakat," katanya.

KANA sendiri menghadirkan produk terbaru berupa ROG GL552VX-DM229D, sebuah notebook gaming terbaru keluaran ASUS yang baru dilaunching di Jogja sekitar 18 Oktober lalu. Dalam setiap pameran, KANA bisa menjual 50-60 unit notebook. Pada pameran kali ini, KANA menargetkan nilai transaksi mencapai Rp400 juta.

Konsep pameran lebih mengusung brand toko-toko anggota Apkomindo DIY. Selain bertujuan menjadi toko rujukan para pembeli, juga untuk memberikan semangat para pengusaha IT mengingat saat ini persaingan bisnis IT semakin ketat dan tantangan semakin kompleks.

Dalam pameran CES 2016 ini toko-toko peserta pameran berlomba-lomba menampilkan produk terbaik dan promosi menarik, baik promo dari panitia maupun dari toko itu sendiri. Adapun program acara yang menarik pada CES 2016 adalah Lomba Game Competition "Dota 2".

Sementara promo CES 2016 antara lain cash back sampai puluhan juta rupiah, program buy one get one, free, free gift,dan program diskon oleh masing masing toko.