HARI SUMPAH PEMUDA : Kesbang Jogja Gelar Kampanye Seni

Pemaparan acara Kampanye dan Apresiasi Seni Pemuda oleh Kepala Kesbang Jogja menyambut Sumpah Pemuda di gedung Humas Pemkot Jogja, Kamis (27/10/2016). (Holy Kartika N.S/JIBI - Harian Jogja)
28 Oktober 2016 11:20 WIB Holy Kartika Nurwigati Jogja Share :

Hari Sumpah Pemuda diperingati Kantor Kesbang Jogja dengan menggelar kampanye seni

Harianjogja.com, JOGJA- Memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Jogja akan menggelar Kampanye dan Apresiasi Seni Pemuda Jogja. Acara ini akan diselenggarakan di Atrium Mall Malioboro, Jumat (28/10/2016).

Kepala Kesbang Jogja, Sukamto mengatakan bentrokan dan tawuran antar pemuda kini semakin marak di Indonesia. Bertepatan dengan Sumpah Pemuda, acara ini diharapkan dapat mengingatkan kembali rasa persatuan para pemuda Indonesia.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di Jogja dan para pengunjung mal untuk kembali mengenang peringatan ini dan menggugah rasa persatuan dan kesatuan seluruh warga," ujar Sukamto saat ditemui di kantornya, Kamis (27/10/2016).

Mengambil tema tentang kesenian, Sukamto mengungkapkan, seni merupakan media yang tepat untuk mempersatukan orang dari beragam latar belakang. Seni, kata dia, dapat meleburkan perbedaan, baik agama maupun ras.

Pertunjukam seni yang akan dimeriahkan oleh sejumlah penampil ini juga menjadi wadah eksistensi diri para pemuda. Kreatifitas mereka akan diapresiasi oleh masyaralat luas.

Bersambung halaman 2


"Sesuai dengan tujuan acara ini, Kami ingin menggali potensi dan kreatifitas pemuda, pelajar dan masyarakat yang ada di lingkungan Kota Jogja," jelas Sukamto.

Acara ini mengangkat dua hal hal, yakni kampanye seni dan apresiasi seni. Kampanye seni menjadi ruang untuk para pemuda berorasi dan menyuarakan tentang bahaya narkoba, seks bebas hingga kenakalan remaja. Kegiatan ini akan melibatkan para pelajar SMA di Kota Jogja, organisasi kepemudaan dan sejumlah komunitas.

Sedangkan kegiatan lainnya yakni apresiasi seni yang terdiri dari.panggung hiburan. Kasi Kepemudaan Kesbang Jogja, Husni Eko menambahkan, tak hanya menampilkan acara seni semata.

"Acara ini juga akan menghadirkan pameran produk kreatif dari puluhan anak muda, dari batik, kerajinan hingga makanan. Ada sekitar 20 stan pameran yang akan diisi oleh wirausahawan muda Jogja," imbuh Husni.