DEMO DI JOGJA : Ribuan Orang Demo Ahok di Titik Nol Kilometer

Aksi massa membawa berbagai macam spanduk di Titik Nol Kilometer Jogja, Jumat (28/10/2016). (Nur Fitriatus Shalihah/JIBI - Harian Jogja)
28 Oktober 2016 18:20 WIB Jogja Share :

Demo di Jogja digelar untuk menuntut keadilan atas dugaan penistaan agama oleh Ahok

Harianjogja.com, JOGJA- Tak hanya di ibukota, aksi menuntut keadilan atas dugaan penistaan agama oleh Ahok juga digelar di Jogja, Jumat siang, (28/10/2016). Ratusan orang dari berbagai elemen umat Islam di DIY-Jateng mengelar aksi di nol kilometer.

“Karena ini merupakan permasalahan umat. Kita mengusahakan untuk seluruh elemen umat Islam kita undang,” ujar Wijang, koordinator aksi.

Massa yang menamai diri Gerakan Ummat Islam Bersatu (GUIB) ini terdiri dari berbagai ormas, lembaga, masjid, kampus, dan lainnya dari DIY dan Jawa Tengah. Wijang menjelaskan, awalnya aksi ini hanya akan diikuti umat muslim di DIY, akan tetapi banyak konfirmasi dari Jateng, misalnya Cilacap, Magelang, dan perbatasan Jogja.

Adapun tuntutan dan inti aksi ini adalah sangat mengutuk keras Ahok karena melakukan penistaan Al-Qur’an, karena ini sudah menyakiti hati umat Islam dan juga mencederai persatuan serta kesatuan NKRI, khususnya sila pertama. Kedua, menghimbau kepada aparat kepolisian agar segera memproses hukum dan mengadili Ahok sebagaimana mestinya.

Ketiga, umat muslim juga menginginkan media untuk mengawal kasus ini tanpa tendensi dan juga dikawal secara tertib. Terakhir, mengutuk aksi Ahok dan pendukungnya yang ingin membubarkan MUI dan juga menghina MUI, karena ini berarti telah merendahkan ulama.

Adapun orator dalam aksi ini adalah ustadz dari berbagai kalangan, yaitu H. Ridwan Hamidi dari Wahdah Islamiyah, Okrisal Eka Saputra dari MIUMI DIY, Irfan S. Awwas dari MMI dan Salim A. Fillah dari masjid Jogokaryan.