Antisipasi Kenakalan Remaja, Siswa Kelas XI Jadi Fokus Pembinaan

28 Oktober 2016 13:55 WIB Sleman Share :

Antisipasi kenakalan remaja, SMA/SMK disarankan memberikan pembinaan ekstra kepada para siswa yang duduk di bangku kelas XI.

Harianjogja.com, JOGJA - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji meminta tiap-tiap SMA/SMK memberikan pembinaan ekstra kepada para siswa yang duduk di bangku kelas XI.

Menurut Baskara Aji, kecenderungan kenakalan remaja biasanya dimulai ketika siswa duduk di kelas XI sehingga harus diberi perhatian lebih.

"Ada kecenderungan kenakalan remaja memang di kelas sebelas karena mereka tidak
memiliki kesibukan seperti siswa kelas dua belas yang harus menyiapkan ujian nasional dan mencari tempat belajar baru setelah lulus ataupun siswa kelas sepuluh yang baru mencoba beradaptasi dengan lingkungan sekolah," ujar Baskara Aji, Kamis (27/10/2016).

Untuk mengatasi persoalan tersebut, menurut Aji, pihak sekolah sebenarnya bisa melakukan intervensi. Upaya itu dilakukan dengan memberikan aktivitas atau
kreativitas yang positif dengan porsi yang lebih banyak bagi siswa kelas XI.

Sekolah bisa menyediakan kegiatan ekstrakulikuerl (ekskul) yang disesuaikan
dengan minat dan bakat mereka. Dengan demikian para siswa kelas XI bisa menyalurkan kelebihan energi dalam berbagai aktivitas positif.

"Yang senang berkelahi bisa dibuatkan ekskul karate atau taekwondo, yang senang
basket bisa dibuatkan klub ataupun lainnya," tandasnya.

Namun yang jadi masalah, lanjut Aji belum semua sekolah  mampu menyediakan
fasilitas dan sarana prasarana bagi pengembangan bakat dan minat siswa. Oleh karena itu sekolah perlu kreatif membuat program-program ekskul yang menarik tanpa harus mengeluarkan biaya besar.