BBM BARU : Pertamina Luncurkan Pertamax Turbo, Ini Kelebihannya

Pengisian pertamax turbo pada kendaraan high grade sebagai prosesi peluncuran pertamax turbo di SPBU COCO Lempuyangan, Jogja, Jumat (28/10/2016). (Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah)
29 Oktober 2016 01:20 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

BBM Baru kembali dikeluarkan.

Harianjogja.com, JOGJA -- PT Pertamina (Persero) meluncurkan varian baru bahan bakar pertamax turbo di SPBU COCO Lempuyangan, Jogja, Jumat (28/10/2016). Bahan bakar varian bari ini memiliki RON 98 dan hadir untuk menggantikan pertamax plus yang memiliki RON 95 dan dijual Rp8.800 per liter.

GM PT Pertamina (Persero) MOR IV Kusnendar mengatakan, bahan bakar ini mulai hadir di DIY dan Jateng selama kurang lebih satu bulan. Dalam rentang waktu tersebut, respons masyarakat sangat baik.

"Untuk DIY sendiri kami target bisa mencapai tiga kilo liter per hari dan secara keseluruhan bisa memberikan komposisi penjualan satu persen untuk gasoline," kata dia kepada wartawan di sela-sela peluncuran pertamax plus di SPBU COCO Lempuyangan, Jogja, Jumat (28/10/2016).

Ia menjelaskan, bahan bakar iki cocok untuk kendaraan high grade yang memiliki kompresi tinggi.  Mesin dengan kompresi tinggi akan menghasilkan power yang luar biasa jika dikombinasikan dengan bahan bakar pertamax turbo. "Bahan bakar ini merupakan pengembangan dari produk pertamax plus dan dilengkapi dengan Ignition Boost Formula [IBF]," kata dia.

Untuk tahap awal, produk ini telah dijual di 38 SPBU di DIY dan Jawa Tengah. Untuk wilayah DIY, pertama turbo telah hadir di SPBU 41.551.01 Lempuyangan, SPBU 41.552.01 Adi Sutjipto, dan SPBU 44.552.01 Jalan Magelang.

Pertama turbo berkualitas tinggi yang diformulasikan Pertamina bekerja sama dengan Lamborghini dan telah diuji di kejuaraan Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series di Eropa. Sebelum masuk di Indonesia, produk ini telah dijual di Eropa dengan harga 0,22 euro per liter, sedikit di bawah produk pesaing lainnya yang dijual seharga 0,25 euro per liter.

"Digunakannya pertamax turbo dalam ajang balap bergengsi di Eropa semakin membuktikan pertamax turbo telah diakui sebagai bahan bakar dengan performa yang sangat baik dan ramah lingkungan," papar dia.

Perkembangan teknologi mesin kendaraan yang semakin canggih seperti pengangguran supercharger, turbocharger menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi. Oleh karena itu diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi. Pertama turbo terbukti memenuhi kebutuhan tersebut karena memiliki keunggulan untuk meningkatkan driveability kendaraan sehingga lincah bermanuver.

Selain itu, akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan. "Bahan bakar ini juga menyempurnakan pembakaran pada mesin sehingga cocoo digunakan untuk kendaraan dengan perbandingan kompresi lebih dari 12," ungkap dia.

Ketua Hiswana Migas DIY Siswanto mengatakan, pertamax turbo menambah varian baru. "Para komunitas kendaraan high grade bisa memanfaatkan bahan bakar ini agar performa kendaraan mereka semakin baik," kata dia.

Ia mengungkapkan, saat ini baru ada tiga SPBU yang menyediakan pertamax turbo. Ke depan, Hiswana Migas berharap semakin banyak SPBU yang menyediakan varian baru ini.

Ketua Hiswana Migas Kedu Sutarto Murti Utomo mengaku sangat menyambut baik varian baru ini. Hal ini mewujudkan komitmen Pertamina untuk go internasional. "Hiswana Migas harus mendukung adanya varian baru yang merupakan produk yang bagus dan mampu bersaing di luar negeri," ungkap dia