EDUKASI KEUANGAN : OJK Gelar Pasar Keuangan Rakyat 2016 di Mall

JIBI/Harian Jogja/Desi SuryantoPengunjung berbelanja pada pameran kerajinan bertajuk Kreasi Jogja Istimewa untuk Indonesia di Atrium Malioboro Mall, Yogyakarta, Rabu (12/11/2014). Pameran yang dipersembahkan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Disperindagkoptan Kota Yogyakarta itu diikuti oleh 42 peserta UMKM, kelompok usaha pengolahan limbah dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE), pameran yang mentargetkan omzet penjualan Rp 250 Juta tersebut digelar Rabu-Minggu (12-16 -
30 Oktober 2016 15:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Edukasi keuangan digelar PJK di Malioboro Mall

Harianjogja.com, JOGJA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY menggelar pameran Pasar Keuangan Rakyat 2016 di atrium Mal Malioboro, 29-30 Oktober 2016. Pameran ini bertujuan mengenalkan dunia keuangan kepada masyarakat.

Kepala OJK DIY Fauzi Nugroho menyampaikan, saat ini masyarakat masih belum sepenuhnya melek keuangan. Berdasarkan survei OJK tentang literasi keuangan pada 2013, tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk serta layanan jasa keuangan hanya mencapai 21,84%.

"Secara umum, tingkat literasi dan inklusi masyarakat tersebut menunjukkan angka yang masih relatif rendah. Kelompok menengah bawah relatif belum mendapatkan akses produk dan jasa keuangan yang sesuai," kata dalam sambutan pembukaan Pasar Keuangan, Sabtu (29/10/2016) sore.

Oleh karena itu, Pasar Keuangan Rakyat ini diselenggarakan untuk memasyarakatkan beragam pilihan produk dan jasa keuangan yang disediakan jasa keuangan serta mendorong penggunaan produk dan jasa keuangan.

Tujuan lain yakni membudayakan menabung di kalangan masyarakat. Hal ini untuk mendukung target pemerintah DIY bahwa pada tahun 2023, 100% masyarakat DIY melek keuangan.

Pameran ini diisi 23 stan yang berasal dari industri perbankan seperti BRI, BPD DIY, Mandiri, BNI, dan beberapa BPR di DIY, kemudian perusahaan asuransi, pegadaian, dan pasar saham. Pameran ini baru diselenggarakan pertama kali dan direncanakan bisa diselenggarakan setiap tahun.