KECELAKAAN KULONPROGO : Truk Terjun ke Jurang 20 Meter di Pegunungan Menoreh

Sebuah truk pengangkut batu split terjun ke jurang sedalam 20 meter di Dusun Jarak, Kebonharjo, Samigaluh. Proses evakuasi masih harus menunggu alat berat karena kondis medan yang sulit, Sabtu (29/10/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)
30 Oktober 2016 10:46 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Kecelakaan Kulonprogo terjadi di Pegunungan Menoreh

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebuah truk terperosok dan terguling ke dalam jurang sedalam 20 meter di Dusun Jarak, Kebonharjo, Samigaluh. Tak ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut namun supir dan kernet mengalami sejumlah luka-luka.

Truk dengan nomor polisi H 1942 CH ini terperosok karena jalan yang labil dan tak kuat menahan beban kendaraan. Adapun, kecelakaan terjadi pada Jumat (28/10) malam meski truk baru dievakuasi pada Sabtu (29/10) pagi. Truk yang mengangkut batu split ini untuk proyek drainase ini melintasi jalan desa yang sempit dan tidak stabil.

Jalan desa yang berupa cor beton di atas tebing kemudian longsor akibat beban 5 kubik batus plit tersebut. Truk kemudian terperosok, terguling, dan terjun bebas dampai kemudian tertahan oleh rumpun bambu di jurang tersebut sehingga tidak jatu semakin dalam. Muatan batu split itu pun ikut berhamburan ketika kejadian.

Mardi, relawan MMC Samigaluh, mengatakan bahwa truk sebelumnya berputar di area rumah penduduk. “Kemudian melintas lagi untuk bongkar material,” jelasnya di lokasi evakuasi, Sabtu (29/10/2016).

Supir yang bernama Udin dan kernet yang bernama Marno, keduanya warga Banyuasin, Purworejo langsung diselamatkan oleh warga setempat.

Warga yang mendengar kecelakaan tersebut langsung mendatang lokasi dan berupaya memberikan pertolongan. Saat kejadian, kondisinya sedang hujan lebat. Kedua korban tersebut kemudian dirawat di rumah penduduk sekitar.