Canon PhotoMarathon Indonesia Beri Kesempatan untuk Pelajar

Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo menerima penghargaan dari Canon, Minggu (30/10/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI - Harian Jogja)
31 Oktober 2016 04:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Canon PhotoMarathon Indonesia tahun ini memberi kesempatan pada pelajar untuk berpartisipasi

Harianjogja.com, JOGJA- Canon PhotoMarathon Indonesia (CPMI) juga secara khusus memberikan penghargaan kepada media massa yang turut mendukung terselenggaranya CPMI ini. Kali ini Canon memberikan penghargaan kepada beberapa media cetak dan elektronik.

Beberapa di antaranya kepada Harian Jogja yang diterima oleh Redaktur Pelaksana Nugroho Nurcahyo dan Harian Solopos yang diterima oleh kepada fotografer Burhan Aris Nugraha.

Marketing Manager PT Datascrip Yase Defirsa Cory berharap, ajang CPMI ini bisa memasyarakatkan fotografi sehingga semakin banyak penggemarnya. Selain menjadi hobi, juga bisa berpeluang memunculkan ekonomi kreatif di bidang fotografi.

"Sekarang ini sebenarnya banyak perusahaan yang butuh foto corporate, sekolah butuh pas foto, sehingga banyak pekerjaan yang muncul dari fotografi," ungkapnya, dalam kegiatan Canon PhotoMarathon Indonesia (CPMI) 2016 di Hartono Mall, Minggu (30/10/2016).

Selain kategori umum, ajang lomba bidang fotografi ini juga membuka kesempatan untuk kategori pelajar.

“Adanya kategori pelajar ini sejalan dengan misi Canon dalam mengembangkan minat dan keterampilan fotografi masyarakat termasuk memupuk para fotografer muda. Kategori ini untuk pelajar SD hingga SMA atau sederajat,” kata Division Manager of Canon Image Communication Product Divisi PT Datascrip, Sintra Wong, Minggu.

Bersambung halaman 2

Foto-foto yang dihasilkan dari keterampilan dan kreativitas spontan tersebut kemudian diseleksi para juri dari kalangan fotografer profesional, pewarta foto, intruktur foto, dan tim kreatif PT Datascrip. Tidak hanya pengguna kamera Canon, pengguna merek lain juga dapat mengikuti perlombaan ini.

Canon Division Director PT Datascrip Merry Harun mengatakan, peserta juga dapat menggali ilmu dalam seminar yang dibawakan oleh Yulianus Landung, seorang fotografer profesional yang terkenal dengan keahlian fotografi industrialnya.

Ada pula kegiatan kuis berhadian dan permainan yang menghibur para peserta lomba maupun pengunjung.

Para pemenang berhak mendapatkan hadiah kamera DSLR Canon EOS 750D dan lensa Canon EF-S 18-55mm, serta mengikuti Trip Photo Clinic ke Jepang bersama juara umum dari Surabaya dan Jakarta untuk mewakili Indonesia.

Di Jepang, mereka akan dipertemukan dengan para pemenang dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2016 lainnya.

Sebelum penyelenggaraan di Jogja, CPMI telah diadakan di Surabaya dan selanjutnya akan diselenggarakan di Jakarta. Di Jogja, acara CPMI ini dibuka oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.