Advertisement

Kontes Mobil Hemat Energi di UGM akan Diikuti 60 Tim

Rabu, 02 November 2016 - 00:38 WIB
Nina Atmasari
Kontes Mobil Hemat Energi di UGM akan Diikuti 60 Tim JIBI/HARIAN JOGJA - DESI SURYANTO Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Advertisement

Kontes mobil hemat energi di UGM akan diiukti 60 tim

Harianjogja.com, JOGJA - Sebanyak 60 tim dari 38 perguruan tinggi saling unjuk teknologi irit bahan bakar dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016, 1-4 November ini.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Ketua Panitia KMHE 2016 Senawi menyatakan kejuaraan tersebut diadakan sebagai wahana mempertandingkan kreativitas dan inovasi mahasiswa serta knowledge sharing dalam pengembangan kendaraan hemat energi.

Oleh karenanya dalam merancang kendaraan hemat energi perlu memperhatikan unsur-unsur berat/massa, aerodinamis, gesekan, efisiensi engine dan gaya mengemudi yang efektif.

"Kita menyadari ketersediaan bahan bakar fossil semakin menipis. Karena itu penggunaan energi secara efektif dan efisien, khususnya di sektor transportasi akan sangat membantu upaya penghematan energi," ujar Senawi.

Dia menjelaskan KMHE rutin dilaksanakan dalamĀ  empat tahun terakhir. Di tahun ke-5 ini, UGM ditunjuk sebagai tuan rumahnya.

Adapun KMHE 2016 diikuti 127 pendaftar dari 57 Perguruan Tinggi se-Indonesia dan setelah dilakukan seleksi maka sebanyak 60 tim dari 38 perguruan tinggi seluruh Indonesia dinyatakan lolos dan berhak mengikuti kompetisi.

Beberapa kategori dilombakan dalam KMHE 2016, di antaranya kelas urban sebagai representasi city car yang hemat energi beserta kelas Prototipe sebagai rancangan kendaraan masa depan hemat energi. Kelas bahan bakar yang dikompetisikan yaitu bensin (gasoline), solar (diesel), serta ethanol dan listrik.

"Pada KMHE kali ini, 27 tim bertanding di kategori Urban, yang terdiri delapan tim urban Bensin, lima tim urban Diesel, empat tim urban ethanol dan 10 tim urban Listrik.

"Sedangkan kategori prototype diikuti oleh 33 kendaraan, yang terdiri dari 12 tim prototype bensin, empat tim prototype Diesel, lima tim prototype Ethanol dan 12 tim prototype listrik," jelas Senawi.

Senawi menandaskan kriteria pemenang KMHE adalah kendaraan yang dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar paling baik atau paling irit dalam penggunaan energi. Dari semua kategori akan diambil 3 besar pemenang, dan akan diberikan pula off-track award berupa best team dan best video.

"Ada pula kategori kejuaraan tambahan, kejuaraan yang dipersembahkan oleh FDR Tyre, khusus bagi mereka-mereka yang secara khusus menggunakan ban tersebut", tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Venue Konser Dewa 19, JIS Dikritik, Standar FIFA Dibahas Lagi

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement