PAMERAN DI JOGJA : Hot Rod Weekend Party 2016, Eksotisme Kendaraan Klasik Amerika

Berbagai mobil klasik retro pabrikan Amerika dipamerkan dalam ajang Hot Rod Weekend Party 2016 yang diselenggarakan di halaman parkir Jogja Expo Center (JEC) Sabtu (19/11/2016). (Holy Kartika N.S/JIBI - Harian Jogja)
20 November 2016 18:50 WIB Holy Kartika Nurwigati Bantul Share :

Pameran di Jogja digelar berupa mobil-mobil klasik pabrikan Amerika

Harianjogja.com, BANTUL- Deretan mobil-mobil klasik pabrikan Amerika di halaman parkir Jogja Expo Center (JEC) tampak dipoles cantik. Tak ada kesan tua dan usang pada mobil-mobil buatan tahun 1930-1980an yang dipamerkan dalam Hot Rod Weekend Party 2016, Sabtu (19/11/2016).

Sejak dibuka Sabtu (19/11/2016) lalu, berbagai kendaraan pabrikan Negeri Paman Sam mulai mencuri perhatian pengunjung pameran ini. Meski yang dipamerkan kendaraan-kendaraan lawas dari mulai sepeda klasik Amerika, sepeda motor hingga mobil-mobil tua, tapi sebagian besar pengunjung yang datang adalah anak muda. Diiringi musik-musik retro beraliran disco pop, pengunjung serasa diajak kembali ke era Eighties atau 80an.

Mobil-mobil besutan brand ternama dari jenis pickup truck hingga sedan tampil elegan dan begitu klasik. Hot Rod merupakan istilah kustom untuk mobil-mobil klasik yang begitu populer di Amerika. Tak heran jika mobil-mobil tua yang berusia puluhan tahun ini tampak lebih muda dengan balutan cat beraneka warna dan goresan gambar nan menawan.

"Style kustom tetap disesuaikan dengan gaya anak muda. Jadi saat dipakai untuk dikendarai atau bergaya, mobil ini tidak kelihatan jadul tapi tetap menarik," ujar Ketua Panitia Hot Rot Weekend Party 2016, Arif Prabowo.

Event kedua ini tak sekadar menjadi ajang berkumpulnya para pecinta dan pemilik kendaraan buatan Amerika saja. Lebih dari itu, acara ini juga turut mengenalkan kreativitas anak muda dalam menampilkan kustom pada sebuah media yang klasik. Sedikitnya ada 75 mobil yang berpartisipasi dalam pameran ini.

Arif atau yang akrab disapa Popo ini mengungkapkan peserta datang tidak hanya dari DIY, tetapi juga dari luar kota, bahkan luar Pulau Jawa.

"Mobil yang terdaftar ikut acara ini ada 75 unit. Ada beberapa yang datang dari luar kota dan mengendarai sendiri mobilnya. Kami akan memberikan penghargaan bagi pemilik mobil yang riding sendiri," jelas Popo.

Mobil tua Amerika bukanlah benda koleksi yang murah dan mudah diperoleh. Tidak mengherankan jika di Jogja penggemar, bahkan pemiliknya masih relatif sedikit. Meski demikian, mobil ini tidak pernah sepi peminat yang mengagumi eksotismenya.

Anggota di Jogja yang tergabung dalam Hotrodiningrat, mobilnya ada 37 unit dari 11 anggota. Satu anggota kebanyakan memiliki lebih dari satu mobil.