Advertisement

PENATAAN MALIOBORO : Dispenser Air Siap Minum Berisi 20 liter Air, Kalau Habis akan Isi Otomatis

Holy Kartika Nurwigati
Senin, 21 November 2016 - 00:57 WIB
Nina Atmasari
PENATAAN MALIOBORO : Dispenser Air Siap Minum Berisi 20 liter Air, Kalau Habis akan Isi Otomatis Dua keran air bersih siap minum dipasang di Jalan Malioboro, Senin (21/11/2016) pagi. (Desi SUryanto/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Penataan Malioboro salah satunya dengan pemasangan dispenser air siap minum

Harianjogja.com, JOGJA-Sebelum diresmikan pada Desember nanti, dispenser air siap minum yang dipasang di kawasan pedestrian Malioboro mulai diuji coba. Setiap unit dispenser ini akan disediakan tandon air yang memuat 20 liter air siap minum.

Advertisement

Persiapan pemasangan fasilitas air siap minum tampak pada beberapa pegawai PDAM Tirtamarta yang melakukan pengujian pada sebuah dispenser yang berada di belakang halte bus Trans Jogja di depan Kantor Gubernur DIY, Kepatihan, Senin (21/11/2016).

Koordinator Proyek Pemasangan Air Siap Minum Pedestrian Malioboro PDAM Tirtamarta, Agus Sunarko mengatakan uji coba ini untuk menyiapkan alat tersebut agar dapat digunakan saat peluncuran nanti.

"Rencana peluncuran fasilitas air siap minum ini akan dilakukan Desember nanti. Jadi mulai saat ini dilakukan uji coba dan minggu ini kami baru ambil sample air," ujar Agus kepada Harianjogja.com.

Agus mengungkapkan pengujian dilakukan rutin setiap hari Senin dan Kamis. Pengecekan dispenser juga dilakukan untuk mengantisipasi masalah dan menjaga alat tetap bersih hingga sepekan sebelum peluncuran dilakukan.

Terdapat dua lokasi yang akan dipasang fasilitas ini, selain di depan kantor Gubernur juga akan dipasang di depan Hotel Inna Garuda.

Air yang digunakan, kata Agus, diambil dari air PDAM yang bersumber dari reservoir Gemawang di Sinduadi, Mlati, Sleman. PDAM akan membangun semacam wastafel, di mana keran yang dipasang dapat langsung mengalirkan air tersebut.

"Prinsip kerjanya sama dengan alat yang pernah dipasang sebelumnya di Pasar Pasty dan beberapa tempat lainnya," imbuh Agus.

Dispenser ini nantinya akan dilengkapi tandon air yang dapat memuat hingga 20 liter air siap minum. Agus menambahkan, alat ini juga akan disematkan sensor untuk mendeteksi ketersediaan air. Saat air melewati level kontrol tertentu, secara otomatis akan langsung mengisi ulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement