BUS TRANS JOGJA : Bakal Tambah Bus Baru, Trans Jogja Diupayakan Masuk Malioboro dan Bebas Penutupan Jalan

Bus baru Trans Jogja berwarna biru siap mengaspal, Rabu (25/5/2016). (Gilang Jiwana/JIBI - Harian Jogja)
22 November 2016 11:55 WIB Sunartono Jogja Share :

Bus Trans Jogja akan mendapatkan penambahan

Harianjogja.com, JOGJA- Pemda DIY optimistis bakal mendapatkan hibah bus yang akan dipakai untuk menambah armada Trans Jogja pada 2017 mendatang. Setiap armada, bus tersebut diperkirakan senilai lebih dari Rp400 juta.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Haryanta menjelaskan hingga jelang akhir November 2016 ini pihaknya memang belum mendapatkan pemberitahuan tertulis dari Pemerintah Pusat terkait hibah Trans Jogja. Akantetapi, pihaknya optimistis hibah itu akan diberikan dan bisa dioperasikan pada April 2017 mendatang.

"Kalau tertulisnya belum, informasinya [jumlah bantuan] antara 40 sampai 50 [unit]," terangnya di DPRD DIY, Senin (21/11/2016).

Sigit menambahkan, pihaknya belum mengetahui secara detail harga setiap unit armada tersebut karena bantuan diterima dalam bentuk barang. Proses pengadaan proyek sepenuhnya dilakukan pihak pemerintah pusat.

Tetapi, Sigit memastikan, bahwa harga setiap unit bus di atas Rp400 juta. Spesifikasi bus nantinya sama seperti armada Trans Jogja berwarna biru yang saat ini telah dioperasikan. Bus warna biru itu sebelumnya telah dioperasikan pada Mei 2016 lalu.

"Kalau harganya saya tidak tahu persis, tetapi minimal Rp400 juta [harga setiap unit], itu semuanya di pemerintah pusat. Spesifikasi sama dengan yang [Trans Jogja] biru," kata dia.

Dalam rangka perombakan, Trans Jogja pada 2017 mendatang, selain mengoperasikan bus baru dan park and ride, pihaknya berupaya memberikan akses Trans Jogja ke semua lini.

Salahsatunya berkoordinasi dengan instansi dan pemerintah yang memiliki wilayah dilalui Trans Jogja agar memberikan akses jalan meski ada perayaan apapun di jalanan. Tujuannya agar tidak merubah rute sehingga masyarakat selaku pengguna tidak merasa kesusahan akibat pengalihan rute.

"Selain itu kami mengupayakan pula agar Trans Jogja nantinya tetap bisa masuk melewati rute Malioboro. Karena ke depan kan Malioboro menjadi pedestrian, dikecualikan becak, andong dan Trans Jogja kami harapkan tetap bisa masuk," ungkap dia.