Advertisement

INFRASTRUKTUR GUNUNGKIDUL : 206 Km Jalan Dalam Kondisi Rusak

David Kurniawan
Selasa, 22 November 2016 - 13:54 WIB
Nina Atmasari
INFRASTRUKTUR GUNUNGKIDUL : 206 Km Jalan Dalam Kondisi Rusak Salah seorang pengendara motor sedang melintas di lubang jalanan yang ditanami pohon pisang di Dusun Wiyoko, Desa Plembutan, Playen, Senin (21/11/2016). (David Kurniawan/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Infrastruktur Gunungkidul untuk jalan dalam kondisi rusak sepanjang 206 km

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Kerusakan jalan penghubung Kecamatan Wonosari-Playen di Desa Plembutan hanya contoh kecil kerusakan jalan kabupaten di Gunungkidul. Sebab hingga sekarang kerusakan jalan kabupaten mencapai panjang 206,46 kilometer.

Advertisement

Data dari Dinas Pekerjaan Umum Gunugkidul, ruas jalan kabupaten sepanjang 686 kilometer. Dari panjang ini tidak seluruhnya dalam kondisi bagus, karena ada sejumlah ruas yang rusak. Kerusakan yang terjadi terbagi dalam tiga kategori, yakni ringan, sedang dan parah.

“Dari panjang 686 km, yang rusak sepanjang 206,46 kilometer,” kata Kepala DPU Gunungkidul Eddy Praptono kepada wartawan, Senin (21/11/2016).

Dia menjelaskan, kerusakan yang terjadi terbagi dalam tiga kategori. Untuk kerusakan parah sepanjang 92,18 km, rusak sedang 51,14 km, dan rusak ringan 63,53 km. Eddy mengatakan, untuk mengurangi ruas jalan yang rusak,  pihaknya terus berupaya melakukan perbaikan jalan.

Namun demikian, keterbatasan anggaran yang dimiliki membuat proses itu belum bisa mencakup ke seluruh jalan yang rusak. sebab setiap tahunnya hanya bisa melakukan perbaikan antara 15-20 kilometer.

"Tahun ini, kami dapat Dana alokasi Khusus (DAK) Rp48 miliar, untuk proses perbaikan jalan sepanjang 32,4 km. Selain itu, proses perbaikan juga melalui pembiayaan APBD sebesar Rp2 milyar,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement