MENYAPA PROGO : Untung Ada Pemilos, Siswa Ini Jadi Punya Gambaran tentang Pemilu

22 November 2016 07:20 WIB Rima Sekarani Kulonprogo Share :

Menyapa Progo kali ini menampilkan seorang siswa yang akan mengikuti pemilu untuk pertama kalinya

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pengalaman menjadi pemilih pemula memberikan tantangan tersendiri bagi Erna Alfionita. Dia benar-benar ingin mempergunakan hak pilihnya secara bijak dan penuh pertimbangan.

Erna Alfionita mengaku sudah genap 18 tahun pada November ini. Siswa kelas XII MAN 2 Wates itu dinyatakan sudah cukup umur dan dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 mendatang. “Sebelumnya sama sekali belum pernah nyoblos,” ucap Erna beberapa waktu lalu.

Erna mengatakan, dia sebenarnya sudah belajar menggunakan hak pilih melalui ajang Pemilihan OSIS (Pemilos) yang diselenggarakan setiap tahun di sekolahnya. Konsep kegiatan itu dibuat semirip mungkin dengan pemilu sungguhan.

Mereka bisa mendengarkan kampanye dan orasi dari calon ketua OSIS. Properti tempat pemungutan suara (TPS) juga dilengkapi dengan bilik, kotak, dan surat suara hingga tinta untuk menandai penggunaan hak pilih.

Menurut Erna, Pemilos mampu memberinya gambaran mengenai pelaksanaan pemilu. Setidaknya dia jadi sadar pentingnya menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab. Meski begitu, dia tetap punya kekhawatiran bakal salah pilih pada pengalaman pertamanya di pemilu yang sebenarnya. “Baru pemula jadi rasanya pasti bingung,” kata Erna.

Erna lalu berharap Pilkada 2017 berjalan lancar dan tidak diwarnai keributan. Dia juga mengharapkan pasangan calon yang terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Kulonprogo adalah sosok yang baik dan selalu mau mendengarkan rakyat.

“Anak muda juga ingin difasilitasi agar bisa berkarya. Umurnya pemimpin boleh tua tapi jiwanya harus tetap muda,” ujar Erna menambahkan.