POLDA DIY : Gigi Para Tahanan Diidentifikasi, untuk Apa?

Ilustrasi gigi dan gusi (32tdental.com.my)
29 November 2016 00:20 WIB Irwan A Syambudi Bantul Share :

Polda DIY melakukan indetifikasi gigi tahanan sebagai pendataan.

Harianjogja.com, BANTUL — Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda DIY didampingi petugas Polres Bantul melakukan indentifikasi odontogram gigi para tanahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polres Bantul. Indentifikasi ini sebagai data base kepolisian jika sewaktu-waktu tahanan melakukan kejahatan.

Perwira Urusan Kesehatan Bagian Sumber Daya Polres Bantul, Ida Wahyuningsih mengatakan pemeriksaan terhadap rumus odontogram gigi para tahanan digunakan sebagai data base bagi Pusdokkes Polri.

“Jadi identifikasi odontogram gigi ini berguna apabila suatu saat tahanan tersebut melakukan aksi kejahatan, misalnya bom bunuh diri atau meninggal dunia karena sesuatu hal tanpa membawa identitas, maka akan bisa diidentifikasi melalui data odontogram gigi ini,” jelasnya, Senin (28/11/2016).

Selain melakukan pemeriksaan gigi. Kata Ida juga dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh tahanan. Bersama dengan petugas medis dari Urdoksik Subbiddokpol Biddokkes Polda DIY, tahanan diperiksa kondisi fisiknya.

Dia menyebut pemeriksaan kesehatan tahanan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai bentuk pelayanan kesehatan berupa perawatan kesehatan bagi para tahanan.

Adanya pemeriksaan kesehatan itu untuk mengetahui jika ada tahanan yang mengalami sakit atau gangguan kesehatan lainnya, sehingga dapat segera dilakukan tindakan medis. Namun dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, tidak ditemukan adanya tahanan yang sakit.