Mayat Bayi Perempuan dengan Tali Pusar Ditemukan di Pintu Air Irigasi Kalibawang

Ilustrasi mayat bayi (Bbc.co.uk)
30 November 2016 17:12 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Mayat bayi ditemukan di pintu air irigasi Kalibawang

Harianjogja.com, KULONPROGO- Mayat bayi yang baru lahir ditemukan di pintu air Pantog Wetan, Banjaroyo, Kalibawang pada Rabu (30/11/2016) siang. Bayi tersebut ditemukan warga yang kebetulan melintas di tepi pintu air tersebut.

Jasad tersebut ditemukan tersangkut bersamaan dengan sampah yang terbawa air. Warga sekitar kemudian langsung melaporkan kejadian tersebut kepada petugas kepolisian setempat yang langsung datang ke lokasi kejadian. Diperkirakan bayi tersebut sengaja dibuang sesaat setelah dilahirkan.

Dari hasil pemeriksaan, bayi tersebut berjenis kelamin perempuan yang diperkirakan sudah meninggal dunia 3 hari lalu. “Tali pusarnya masih terikat,” jelas Nita, dokter Puskesmas Kalibawang kemarin. Jasad bayi malang itu juga sudah sulit dikenali.

Kapolsek Kalibawang, Kompol Joko Sumarah mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidakan terkait informasi adanya pembuangan bayi.

“Personil masih memeriksa,” jelasnya. Bayi tersebut kemudan dibawa ke rumah sakit setempat untuk dibersihkan dan dimakamkan di Jetis, Desa Banjarsari.

Berdasarkan lokasi kejadian, kemungkinan bayi dibuang di aliran Sungai Progo dan terbawa arus banjir. Sungai Progo sendiri memiliki aliran sungai yang cukup panjang dan berhulu hingga ke wilayah Sleman dan Magelang, Jawa Tengah.