HOTEL DI JOGJA : Santika Premiere Dukung Program Satu Hotel Satu Desa Wisata

Pelatihan table manner dari Hotel Santika Premiere Jogja untuk warga di Desa Wisata Puton, Trimulyo, Jetis, Bantul, belum lama ini. (Foto Istimewa - Dokumen Panitia)
01 Desember 2016 17:55 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Hotel di Jogja, Santika Premiere mendukung program satu hotel satu desa wisata

Harianjogja.com, JOGJA-Hotel Santika Premiere Jogja mendapatkan kepercayaan menjadi satu dari 21 hotel bintang untuk ikut membantu kesuksesan program Pemerintah Provinsi DIY dalam peluncuran program kemitraan satu hotel satu desa wisata. Hal ini guna memberikan pelayanan secara maksimal kepada wisatawan.

Program kemitraan yang dicanangkan Pemprov DIY adalah aspirasi dari masyarakat lokal DIY yakni para pelaku wisata yang tersebar di berbagai kabupaten/kota yang
ada di DIY.

Pemprov DIY berusaha menfasilitasi mempertemukan hotel dengan desa wisata untuk membantu memperluas pemasaran pariwisata, lebih meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengangkat potensi lokal serta penerapan standar usaha pariwisata.

Public Relations Admin Santika Premiere Jogja L. Satri mengatakan, Desa Puton Trimulyo Jetis Bantul adalah desa wisata yang menjadi binaan Hotel Santika Premiere Jogja.

“Pendampingan konkret yang kami lakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan program Table Manner Course bagi petugas yang langsung melayani wisatawan yang berkunjung ke desa Puton,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (28/11/2016).

Kegiatan itu dilaksanakan Sabtu (24/11/2016). Beberapa petugas diundang ke Hotel Santika Premiere Jogja untuk melihat langsung penataan Buffet, pelayanan di Restoran dan menikmati hidangan breakfast sebelum masuk ke ruang untuk mengikuti pelatihan Table Manner.

Di akhir pelatihan mereka diajak Hotel Tour untuk bisa melihat secara langsung standar pelayanan “Indonesian Home” Hotel Santika Premiere Jogja.

Sebelumnya tepatnya 16 Oktober, Hotel Santika Premiere Jogja juga mengunjungi desa Puton dengan memberikan pelatihan “One Day Cooking Course” yang diikuti 30 warga.

Chef Totok memberikan praktek memasak beberapa menu yang bisa disajikan warga apabila kedatangan wisatawan yang menginap di desa Puton, antara lain menu Kue Khu, Pepes Kopyor, Otak-Otak Ikan.

Menurutnya kegiatan itu menjadi kebanggaan Hotel Santika Premiere Jogja bisa membantu menyukseskan program jalinan kemitran antara hotel dengan Desa Wisata Puton guna mendukung visi Gubernur DIY dalam mewujudkan DIY sebagai tujuan pariwisata terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2025.