DEMO 2 DESEMBER : Massa Bela Islam dari Jogja Bukan dari PWM DIY

Ribuan orang memadati kawasan Bundaran Air Mancur Bank Indonesia sebelum menuju ke depan Istana Merdeka di Jakarta, Jumat (4/11/2016). Mereka berunjuk rasa menuntut pemerintah untuk mengusut kasus dugaan penistaan agama dengan terlapor Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (JIBI/Solopos/Antara - Widodo S. Jusuf)
02 Desember 2016 06:20 WIB Jumali Jogja Share :

Demo 2 Desember dikabarkan massa dari Jogja juga akan bergabung

Harianjogja.com, JOGJA -- Sebanyak 4.000 orang lebih dari berbagai tempat di DIY berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi Bela Islam III, Jumat (2/12/2016). Rombongan yang berkumpul dan mendapatkan pembekalandi Masjid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta ini tidak hanya berasal dari organisasi keagamaan tetapi juga organisasi sayap partai.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY Gita Danu Pranata menyatakan keberangkatan rombongan umat Islam dari Jogja ke Jakarta ini bukan atas inisiatif pihaknya. Sejauh ini, dirinya hanya mengetahui aksi tersebut adalah tindakan spontanitas dan dikoordinir sejumlah organisasi Islam.

"Dan saat mereka berkumpul, kebetulan saya di luar kota. Saya hanya dapat laporan bahwa harus ada koordinasi agar tidak terdapat permasalahan di kemudian nantinya," kata Gita.

Ia menambahkan, sejauh ini tidak ada sikap ataupun statemen dari pengurus wilayah mengenai aksi tersebut. Artinya, pengumpulan dan pemberangkatan massa tersebut adalah hal tak resmi. "Makanya mereka menggunakan istilah fastabihul khairat,"  tandas Gita.

Menurut Gita, mereka melebur menjadi satu untuk bersama-sama berangkat ke Jakarta. Rombongan pun tidak hanya berangkat menggunakan bus, tetapi ada juga yang berangkat menggunakan kereta api.

"Untuk teknisnya saya kurang paham nantinya," ucap Gita.