Advertisement

UN 2017 : Dinas Pendidikan Kota Siapkan Alternatif Jika UN Dihapus

Ujang Hasanudin
Jum'at, 02 Desember 2016 - 09:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
UN 2017 : Dinas Pendidikan Kota Siapkan Alternatif Jika UN Dihapus Ilustrasi Ujian Nasional(JIBI/Harian Jogja - Antara)

Advertisement

UN 2017, sejumlah strategi pendidikan perlu segera dirancang untuk hadapi kebijakan baru.

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Pendidikan Kota Jogja menyiapkan alternatif untuk mengukur standar keberhasilan pendidikan jika ujian nasional (UN) dihapus. Persiapan itu sampai penganggaran dan sumber daya untuk pembuatan soal ujian.

Advertisement

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edi Heri Suasana mengatakan meski ujian nasional akan ditiadakan seperti yang diwacanakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir. Pihaknya meyakini ada proses ujian untuk mengukur standar keberhasilan siswa dalam menempuh jenjang pendidikan, karena standar keberhasilan pendidikan itu diakuinya sudah diatur dalam Undang-undang Dasar (UUD).

“Bentuk apapun ujiannya sangat mungkin nanti tetap ada standar untuk mengukur kompetensi kelulusan,” kata Edi di kantornya di Jalan Hayam Wuruk, Danurejan, Kamis (1/12/2016).

Ia mengatakan akan menyiapkan ujian nasional standar daerah Kota Jogja. Teknisnya seperti yang sudah diterapkan pada sekolah dasar (SD) dengan ujian akhir sekolah daerah (Uasda). Hasil dari Uasda itu sebagai tolak ukur untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Untuk pembuatan soal, Edi mengaku tidak kesulitan karena banyak guru dari kota selama ini menjadi penulis soal dalam ujian nasional. “Jadi kalau UN didaerahkan Jogja sudah siap, termasuk kesiapan soal anggaran” kata Edi. Namun, ia enggan menyebut nominal anggaran untuk penyelenggaraan ujian nasional atau alternatif ujian selain UN.

Saat ini pihaknya tetap meminta kepada semua sekolah SD dan SMP untuk melakukan persiapan ujian nasional karena belum ada keputusan resmi soal penghapusan ujian nasional. Persiapan itu penting dilakukan sehingga ada ujian nasional atau pun tidak, semua siswa sudah siap menghadapinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement