KEBUN BUAH MANGUNAN : Dipertahut Gondeli KBM

Wisata Kebun Buah Hutan Mangunan Bantul (JIBI/Harian Jogja - Nina Atmasari)
02 Desember 2016 08:55 WIB Arief Junianto Bantul Share :

Kebun Buah Mangunan, pengelolaan resmi masih dalam pembahasan

Harianjogja.com, BANTUL -- Usulan Komisi B DPRD Bantul terkait pengalihan kewenangan pengelolaan Kebun Buah Mangunan (KBM) kepada Dinas Pariwisata sepertinya akan sulit terealisasi. Pasalnya, pihak Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertahut) Bantul yang saat ini memegang hak pengelolaan objek wisata di Dusun Mangunan itu memberikan sejumlah pertimbangan dan persyaratan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dipertahut Bantul Pulung Haryadi menjelaskan, KBM pada dasarnya tergolong objek wisata spesifik. Artinya dalam pengelolaannya pun membutuhkan spesialisasi tertentu.

(Baca Juga :http://www.solopos.com/2014/06/01/kebun-buah-mangunan-kebun-buah-yang-tak-tentu-berbuah-510770"> KEBUN BUAH MANGUNAN : Kebun Buah yang Tak Tentu Berbuah)

“Dalam hal ini adalah pertanian dan perkebunan. Tidak hanya sekadar pariwisata saja,” katanya saat ditemui wartawan, Kamis (1/12/2016) siang.

Dikatakannya, di area KBM itu terdapat sejumlah varietas tanaman yang membutuhkan pengelolaan dan perawatan khusus, terlebih saat musim kemarau. Itulah sebabnya, pengelolaan KBM memerlukan sentuhan tangan ahli yang tak bisa dilakukan oleh orang sembarangan.

Selain itu, ia menilai masyarakat dan karyawan dari KBM selama ini sudah terbiasa bekerja bersama Dipertahut. Dengan begitu, secara psikologis, mereka pun lebih bisa bekerja dengan Dipertahut ketimbang dinas lain.