Advertisement

KEBUN BUAH MANGUNAN : Dipertahut Gondeli KBM

Arief Junianto
Jum'at, 02 Desember 2016 - 08:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
KEBUN BUAH MANGUNAN : Dipertahut Gondeli KBM Wisata Kebun Buah Hutan Mangunan Bantul (JIBI/Harian Jogja - Nina Atmasari)

Advertisement

Kebun Buah Mangunan, pengelolaan resmi masih dalam pembahasan

Harianjogja.com, BANTUL -- Usulan Komisi B DPRD Bantul terkait pengalihan kewenangan pengelolaan Kebun Buah Mangunan (KBM) kepada Dinas Pariwisata sepertinya akan sulit terealisasi. Pasalnya, pihak Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertahut) Bantul yang saat ini memegang hak pengelolaan objek wisata di Dusun Mangunan itu memberikan sejumlah pertimbangan dan persyaratan.

Advertisement

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dipertahut Bantul Pulung Haryadi menjelaskan, KBM pada dasarnya tergolong objek wisata spesifik. Artinya dalam pengelolaannya pun membutuhkan spesialisasi tertentu.

(Baca Juga :http://www.solopos.com/2014/06/01/kebun-buah-mangunan-kebun-buah-yang-tak-tentu-berbuah-510770"> KEBUN BUAH MANGUNAN : Kebun Buah yang Tak Tentu Berbuah)

“Dalam hal ini adalah pertanian dan perkebunan. Tidak hanya sekadar pariwisata saja,” katanya saat ditemui wartawan, Kamis (1/12/2016) siang.

Dikatakannya, di area KBM itu terdapat sejumlah varietas tanaman yang membutuhkan pengelolaan dan perawatan khusus, terlebih saat musim kemarau. Itulah sebabnya, pengelolaan KBM memerlukan sentuhan tangan ahli yang tak bisa dilakukan oleh orang sembarangan.

Selain itu, ia menilai masyarakat dan karyawan dari KBM selama ini sudah terbiasa bekerja bersama Dipertahut. Dengan begitu, secara psikologis, mereka pun lebih bisa bekerja dengan Dipertahut ketimbang dinas lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement