Sosialisasi HIV AIDS hingga Remaja di Pedesaan

Himpunan Mahasiswa Bimbingan Konseling (Himabiko) IKIP PGRI Wates menggelar aksi peringatan hari AIDS sedunia di Simpang Nyi Ageng Serang, Wates, Kulonprogo, Kamis (1/12/2016). (Rima Sekarani I.N./JIBI - Harian Jogja)
04 Desember 2016 17:06 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Sosialisasi HIV AIDS di Kulonprogo menyasar hingga remaja di tingkat pedesaan

Harianjogja.com, KULONPROGO-LSM Sehati bersama dengan Pusat Informasi Konseling dan Konseling Kesehatan Remaja (PIK KRR) Citra Taruna Desa Sogan menyelenggrakan sarasehan memperingati Peringatan Hari AIDS sedunia pada Minggu (4/12/2016).

Kegiatan ini salah satunya ditujukan untuk mengurangi stigma negatif bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Sogan, Wates dengan tema Membangun Pengorganisasian Remaja Peduli HIV dan AIDS.

Kepala Desa Sogan, Indro Kurnianto mengatakan acara sejenis ini diharapkan bisa mengedukasi remaja terkait informasi HIV/AIDS yang tepat. “Khususnya terkait isu kesehatan reproduksi,” ujarnya, usai acara.

Paulo Ngadi Cahyono, Direktur Eksekutif LSM Sehati menjelaskan jika pemahaman remaja akan penyakit ini harus disertai dengan kepedulian bagi penderitanya. Dengan penyampaian yang tepat, remaja dan masyarakat umum tidak akan memiliki stigma tertentu terhadap ODHA.

Dengan demikian, diskriminasi yang selama ini masih banyak dialami juga semakin berkurang. Dalam acara yang diiikuti oleh sekitar 40 remaja ini, ia menilai masih banyak remaja yang kurang memahami keberadaan penyakit ini.