Advertisement

Nelayan Pantai Selatan Paceklik Tangkapan, Bagaimana Harga Ikan Laut?

Arief Junianto
Senin, 05 Desember 2016 - 17:28 WIB
Nina Atmasari
Nelayan Pantai Selatan Paceklik Tangkapan, Bagaimana Harga Ikan Laut?

Advertisement

Nelayan pantai selatan mengalami paceklik hasil tangkapan

Harianjogja.com, BANTUL-Kendati terkendala cuaca ekstrem yang berdampak pada minimnya hasil tangkapan, harga ikan laut nyatanya hingga kini masih relatif stabil.

Advertisement

Dari pantauan Harianjogja.com di Pasar Ikan Pantai Depok, Minggu (5/12/2016) lalu, pasokan beberapa jenis ikan laut unggulan macam Cakalang masih berada di kisaran Rp15.000 per kilogramnya, Kepiting Rp45.000 per kilogram dan udang laut pe rkilogramnya mencapai Rp50.000.

Bagi Dwi, salah satu pemasok ikan laut di Pasar Ikan Pantai Depok mengaku, harga itu terbilang stabil. Menurutnya, hal itu disebabkan masih amannya stok pasokan ikan-ikan tersebut di pasaran.

“Tapi untuk beberapa hari ini sangat sedikit nelayan yang turun melaut karena kondisi gelombang dan angin tak bersahabat bagi nelayan,” ujarnya.

Diakuinya, harga ikan jenis lain juga relatif sama. Namun harga akan bisa jauh lebih murah jika pembeli langsung membelinya dari nelayan. Jika begitu, harga memang sudah ditentukan oleh hasil tawar menawar antara nelayan dan pengunjung.

Dwi menjelaskan, pihaknya sengaja memasok harga ikan serendah mungkin kendati nantinya tak akan mendapatkan untung banyak. Hal ini ia lakukan agar pengunjung pasar tidak kapok dengan harga ikan yang naik.

“Kalau dari pemasok saja sudah tinggi apalagi nanti sampai ke tangan pedagang ikan di Pasar Ikan Pantai Depok pasti melambung tinggi,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement