BENCANA GUNUNGKIDUL : Polisi Pasang Garis Kuning di Lokasi Longsor

Tanah longsor di Dusun Jelok RT 02 RW 03 Watugajah Gedangsari pada Rabu (9/11 - 2016) malam. (Foto istimewa Dokumen BPBD Gunungkidul)
05 Desember 2016 00:20 WIB Bhekti Suryani Gunungkidul Share :

Bencana Gunungkidul berupa tanah longsor terjadi setiap hari

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Kepala Polsek Panggang Ajun Komisaris Polisi (AKP) Arif Dharmawan mengatakan, longsor di Jalan Purwosari-Panggang terjadi Sabtu (4/12/2016) sekitar pukul 10.30 WIB, tepatnya di Dusun Panggang III Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang.

Talut setinggi delapan meter dan lebar lima meter longsor. Material longsor sebagian jatuh ke jurang, namun kejadian itu merusak sebagian jalan raya tersebut.

“Kami sudah pasang police line [garis polisi] agar sebagian jalan tidak dilewati. Tapi sebagian jalan lainnya masih bisa dilewati,” jelas Arif Dharmawan.

Belum ada perbaikan yang dilakukan pemerintah akibat infrastruktur jalan yang rusak tersebut. Besok kata dia, kerusakan tersebut akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Desa setempat agar segera ditangani. Harapannya aktivitas lalu lintas di jalan raya itu tidak terganggu dan longsor tidak semakin melebar.

Kepala BPBD Gunungkidul Budhi Harjo mengatakan, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY telah memperingatkan cuaca ekstrem pada musim hujan kali ini serta potensi bencana yang terjadi akibat hujan deras dan angin kencang. “Kondisi seperti ini diperkirakan akan terjadi hingga Januari,” jelas Budhi Harjo.