PARKIR BANTUL : Dari 4 Lokasi Percontohan, Hanya 1 yang Berkembang

Ilustrasi parkir (JIBI/Solopos - Antara)
07 Desember 2016 13:20 WIB Arief Junianto Bantul Share :

Parkir Bantul sudah dilakukan penataan dengan percontohan di 4 lokasi, namun hanya 1 lokasi yag berkembang

Harianjogja.com, BANTUL-Dari empat titik lokasi parkir percontohan yang dikembangkan Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, tercatat hanya satu titik saja yang bisa berkembang. Sementara tiga titik lainnya, hingga kini masih belum bisa menghasilkan pendapatan retribusi yang signifikan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Cahya Widada saat ditemui di kantornya, Selasa (6/12/2016) menjelaskan, keempat titik itu masing-masing tiga titik di kawasan objek wisata Pantai Parangtritis dan satu titik di Kebun Buah Mangunan.

Dari keempat titik itu, hanya titik lokasi di Kebun Buah Mangunan saja yang perkembangannya cukup menggembirakan. “Di sana [Kebun Buah Mangunan], baru dibuka per 1 Desember lalu, dalam sepekan ini sudah bisa menghasilkan pendapatan hingga Rp400.000. Ini sangat luar biasa,” katanya.

Padahal, jika dibandingkan dengan titik lokasi di Kebun Buah Mangunan, tiga titik di Pantai Parangtritis sudah jauh lebih dulu dibuka. Menurut penuturan Cahya, ketiga titik itu sudah dibukanya sejak awal triwulan akhir 2016 lalu.

Sulitnya ketiga titik itu berkembang, diakui Cahya memang didasari oleh banyak faktor. Selain rawannya lokasi itu terhadap gesekan dengan kantong parkir milik warga, sarana dan prasarana (sarpras) perparkiran di ketiga lokasi itu belum lengkap.

Untuk itu, di tahun 2017 mendatang, tiga titik itu, masing-masing di wilayah RT 01, RT 03, dan RT 05 Dusun Mancingan, Desa Parangtritis akan segera dilengkapinya dengan sarpras perparkiran macam rambu-rambu parkir. Rencananya, hal itu akan diusulkannya pada 2017 mendatang. “Di tahun 2017 juga kami berencana untuk membuka lokasi baru di bekas terminal Parangendog,” tambah Cahya.