Advertisement

TIPS BISNIS : Banyak Toko Komputer di Jogja Jual Aneka Produk, Harusnya Berani Fokus

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 08 Desember 2016 - 14:20 WIB
Nina Atmasari
TIPS BISNIS : Banyak Toko Komputer di Jogja Jual Aneka Produk, Harusnya Berani Fokus Pengunjung memadati salah satu stand dalam Pameran Komputer Year and Sale (YES) yang diselenggarakan Asosiasi Pengusaha Komputer Yogyakarta (Apkom Yogya) di JEC, Sabtu (3/12/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Tips Bisnis hasil pameran komputer, toko komputer mestinya fokus menjual jenis barang

Harianjogja.com, JOGJA-Pameran komputer Year and Sale (YES) yang digelar Asosiasi Pengusaha Komputer Yogyakarta (Apkom Yogya) telah menutup serangkaian pameran sepanjang tahun ini.

Advertisement

Beberapa catatan pun menjadi evaluasi untuk perbaikan kegiatan pameran di tahun depan, salah satunya toko yang perlu fokus memilih barang untuk diperdagangkan.

Kepala Bidang Perdagangan dan Komunikasi dan Informasi Apkom Yogya Arfianto menyampaikan, masing-masing anggota Apkom harus berani fokus menjual barang. Saat ini tidak jarang ditemukan satu toko yang menjual banyak produk mulai komputer sampai smartphone sehingga terkesan tidak fokus.

Menurutnya, hanya ada beberapa toko di Jogja yang dapat bermain dengan penjualan multiproduk seperti itu.

“Ke depan harus fokus, misalnya jualan printer ya jualan printer saja tapi kuatin di salah satu merek ya meski sebenarnya juga menyediakan berbagai merek printer mulai dari jenis printer kantoran sampai  untuk cetakan besar,” katanya, Rabu (7/12/2016).

Poin evaluasi yang menjadi perhatian Apkom Yogya lainnya adalah penyelenggaraan pameran yang terlalu sering. Sebelumnya, salah satu karyawan toko Els Komputer, Rifki Budiyanto, menilai kegiatan pameran komputer setiap tahun terlalu sering diadakan. Setidaknya dalam setahun, tokonya bisa mengikuti lebih dari empat kali pameran. Menurutnya hal itu tidak efektif untuk memasarkan produk.

“Masukannya setahun cukup dua kali pameran, pertengahan tahun dan akhir tahun karena biasanya produk baru itu setahun keluar dua sampai tiga kali, jadi sekali pameran ada sesuatu yang baru,” katanya.

Arfianto menerima masukan tersebut dan akan menjadi pertimbangan dalam perencanaan pameran tahun depan. “Bisa jadi besok [tahun depan] hanya tiga kali [pameran], jaraknya paling tiga bulan jadi biar tidak terlalu berdekatan,” kata pria yang akrab disapa Iping ini.

Berdasarkan data yang dimiliki Apkom Yogya sampai Selasa (6/12/2016) malam, jumlah pengunjung pameran YES memang belum mencapai target 50.000, yaitu hanya mencapai 20.000. Nilai transaksinya diperkirakan mencapai Rp4 miliar. Permintaan terbesar untuk produk smartphone,  diikuti produk laptop, PC, dan terakhir aksesoris.

Pameran YES diselenggarakan selama lima hari, mulai 3-7 Desember 2016  di JEC. Pameran ini diikuti 10 Stand VIP dan special serta  83 stand standard yang didukung oleh brand-brand terkemuka seperti Intel, Packard, Optoma, Indihome, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement