Sultan Ingatkan Fungsi Tiga Pilar untuk Semangat Kebangsaan

Giat apel forum tiga pilar yang dipimpin langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X di galaman parkir stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (10/12/2016). (Yudho Priambodo/JIBI - Harian Jogja)
11 Desember 2016 00:19 WIB Sleman Share :

Sultan mengingatkan tentang tiga pilar untuk semangat kebangsaan

Harianjogja.com, SLEMAN- Ratusan personel Polda DIY, Korem 072/Pamungkas, Lurah dan Kepala Desa se-DIY mengikuti apel forum tiga pilar, di halaman Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (10/12/2016).

Dalam apel yang dilanjutkan dengan sosialisasi tersebut Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengingatkan salah satu fungsi tiga pilar yakni untuk membangun kebersamaan, dan memelihara keamanan serta ketertiban di masyarakat. Seperti melakukan penyelesaian permasalahan yang terjadi di lingkup kelurahan dan desa.

"Tiga pilar memiliki fungsi terkait bagaimana membangun bersama masyarakat, agar mereka mau untuk menaati aturan, menjaga keberagamaan, menjaga kebangsaan, juga kebhinekaan," katanya, Sabtu (10/12/2016).

Dijelaskan keberadaan forum tiga pilar nantinya untuk menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat dari lapisan paling yang paling bawah. Penyelesaian persoalan di masyarakat akan menjadi tugas dari Bhabikamtibmas, Babinsa dan lurah.

Sultan menambahkan setiap persoalan di masyarakat tidak melulu menjadi tanggungjawab kepolisian. Namun Pemerintah Daerah sebagai pembina wilayah, juga harus berperan dalam penanganan konflik di masyarakat.

"Kalau ada perselisihan antar tetangga menjadi tanggung jawab pembina wilayah. Kalau ada unsur pidana baru yang menangani polisi," jelasnya.

Sementara dalam Apel Forum 3 Pilar Sabtu, dilakukan penandatangan komitmen oleh pemimpin tiga instansi, Pemda DIY, Polda DIY dan Korem 072. Penandatanganan dilakukan oleh Sri Sultan HB X perwakilan dari Pemda DIY, Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri dan Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setiawan.

Sementara itu Kapolda Brijen Ahmad Dofiri mengatakan, tujuan apel forum tiga pilar guna memperkuat solidaritas TNI, Polri dan Pemda DIY. Ketiga pilar ini nantinya membangun komunikasi secara berkala dan transparan dalam menyelesaikan persoalan di masyarakat.

"Kita membangun kebersamaan, membangun kemitraan eksternal untuk menjaga keamanan," kata Dofiri.

Forum tiga pilar, kata dia, memiliki sejumlah tugas pokok diantara sebagai ujung tombak dalam melaksanakan deteksi dini dan pencegahan dini. Juga dilakukan pemetaan kerawanan potensi konflik di setiap daerah.

Forum ini, juga akan aktif dalam setiap kegiatan yang ada di masyarakat. Setiap ada persoalan di lapisan masyarakat, tugas forum ini nantinya yang menyelesaikan.