WISATA GUNUNGKIDUL : Long Weekend, Pengunjung Gua Pindul Meningkat

Ratusan wisatawan mengantri untuk masuk ke dalam mulut gua obyek wisata Gua Pindul yang berada di dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Jumat (6/5/2016). (Mayang Nova Lestari/JIBI - Harian Jogja)
11 Desember 2016 18:48 WIB Redaksi Solopos Gunungkidul Share :

Wisata Gunungkidul di Gua Pindul diserbu wisatawan pada libur panjang akhir pekan ini

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Pengelola Gua Pindul Bejiharjo Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprediksi jumlah wisatawan di objek wisata ini akan mengalami lonjakan pada Sabtu hingga Senin (10-12/12/2016).

Petugas pengatur wisatawan Arifin Sumbodo di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan dalam dua hari terakhir terjadi peningkatan jumlah kunjungan.

Pada Sabtu (10/12/2016) terjadi peningkatan dengan jumlah kunjungan mencapai 5.000 orang, dan pada hari ini, lebih dari 8.000 pengunjung yang masuk melalui sekretariat setempat.

"Jumlah pengunjung mulai meningkat sejak Sabtu kemarin, dan kemungkinan akan terjadi sampai Senin," kata Arifin.

Ia mengatakan tiket masuk tetap sama tidak ada kenaikan yakni setiap satu orang ditarik Rp10.000 saat masuk dan penyewaan ban dan pemandu Rp35.000 per orang.

"Tidak ada peningkatan untuk tarif," katanya.

Arifin mengatakan peningkatan wisatawan ini pihaknya harus melakukan pengaturan untuk masing-masing pokdarwis. Sehingga antrean pengunjung tidak lama, dan didalam tidak terlalu berdesakan.

"Kami menempatkan 116 petugas dari empat sekretariat," katanya.

Sementara itu, wisatawan asal Semarang Ayu mengatakan dirinya harus mengantre hingga 1 jam untuk memasuki obyek wisata Gua Pindul. Meski demikian, pihaknya tetap antusias memasuki gua menggunakan ban ini.

"Saya baru pertama kali masuk gua pindul. Meski antrenya lama, tetapi tidak apa-apa," katanya, seperti dikutip dari Antara.