INFRASTRUKTUR BANTUL : Rp20 Miliar untuk Saluran Irigasi, Seperti Apa?

13 Desember 2016 01:20 WIB Arief Junianto Bantul Share :

Infrastruktur Bantul berikut berupa pembangunan saluran irigasi.

Harianjogja.com, BANTUL -- Berdalih melengkapi program rehabilitasi kawasan jalan Jenderal Sudirman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menganggarkan tambahan Rp20 miliar hanya untuk pembangunan saluran irigasi yang berada di bawahnya.

(Baca Juga :http://www.solopos.com/2016/09/11/infrastruktur-bantul-pembatas-jalan-sudirman-ditata-ini-gambarannya-752188"> INFRASTRUKTUR BANTUL : Pembatas Jalan Sudirman Ditata, Ini Gambarannya)

Hal itu dibenarkan oleh Wakil Ketua Komisi C DPRD Bantul Eko Sutrisno Aji. Saat dihubungi, Senin (12/12/2016) siang, ia membenarkan pihak legislatif telah menyetujui anggaran itu dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni 2017. Ia berdalih, proyek itu telah didasari oleh kajian detail (Detail Engineering Design) terkait rencana penataan kawasan Jl. Jenderal Sudirman.

"Jadi proyek itu bukan proyek ujug-ujug. Semua ada kajiannya," katanya.

Lebih jauh ia menjelaskan, proyek itu harus dilaksanakan dengan alasan kondisi saluran saat ini memang sudah tak layak pakai. Dikatakannya, beberapa bulan lalu, pihaknya sempat menemukan ada salah satu titik saluran yang mengalami kerusakan.

Terlebih, sesuai perencanaan, kawasan Jl. Jenderal Sudirman yang kini memiliki dua jalur lambat itu rencananya akan dirombak menjadi dua jalur cepat saja tanpa ada jalur lambat. Itu artinya, beban yang dipikul oleh konstruksi gorong-gorong itu praktis akan jauh lebih besar. "Karena jalur lambat itu nantinya akan dilewati kendaraan umum. Jadi gorong-gorongnya kan perlu diperkuat," tambahnya.