WISATA BANTUL : Pengunjung Parangtritis Masih Jadi Idola

13 Desember 2016 10:59 WIB Irwan A Syambudi Bantul Share :

Wisata Bantul di Pantai Parangtritis masih jadi idola

Harianjogja.com, BANTUL—Libur panjang benar-benar dimanfaatkan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata yakni Pantai Parangtritis, di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul yang tercatat mengalami peningkatan kunjungan hingga dua kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Pantai Parangtritis, Rohmad Ridwanto mengatakan mulai Jumat (9/12/2016) kepadatan wisatawan sudah mulai terlihat. Kemudian pada dua hari setelahnya wisatawan mulai mengalami peningkatan, hingga puncaknya pada Minggu (11/12/2016) kemarin.

“Peningkatanya dua kali lipat. Jumat jumlah pengunjungnya ada 3.700, Sabtu meningkat menjadi 12.996 pengunjung, dan puncaknya pada Minggu mencapai 34.400 pengunjung,” ujar Rohmad kepada Harianjogja.com, Senin (12/12/2016).

Sampai dengan Senin kata dia pengunjung masih lumayan banyak, namun telah mengalami penenurun dibandingkan hari sebelumnya. Data yang dia dapat, hingga Senin siang sudah terdapat 8.000 pengunjung.

Data yang disebut Ridwanto masih dapat terus bertambah. Pasalnya hingga senin siang wisatawan memang masih terus berdatangan. Meskipun tak sampai menimbulkan kemacetan, sejumlah mobil pribadi dan bus terlihat ramai lancar saat melewati pintu masuk TPR Pantai Parangtritis.

Diakui Rohmat selama liburan panjang kali ini, pengunjung dengan mobil pribadi memang masih mendominasi. Tapi kata dia, tak sedikit pula bis-bis besar yang datang membawa rombongan. “Ada yang rombongan bis anak-anak sekolah. Karena ini juga masuk musim libur sekolah juga,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang wisatawan asal Bekasi, Jawa Barat Riyo Winanto mengaku memilih berwisata ke Pantai Parangtritis untuk sekedar melepas kepenatan dari rutinitas pekerjaan. Dia berangkat bersama dua orang temannya dengan mengendarai bis umum.

“Sudah lama enggak ke sini [Pantai Parangtritis], mumpung  ini  libur panjang. Tapi ini sudah mau pulang, nanti kalau waktunya masih cukup mau ke Candi Borobudur dulu,” ungkap dia.

Tak hanya wisatawan luar daerah, wisatawan dari Bantul pun juga ada, salah satunya adalah Dyah Ambarwati. Kata Dyah libur kali ini dia manfaatkan untuk mengunjungi wisatawan yang dekat bersama dengan temanya.