Advertisement

LIBUR AKHIR TAHUN : Libur Panjang, Pengunjung Beringharjo Diprediksi Naik 30%

Holy Kartika Nurwigati
Selasa, 20 Desember 2016 - 17:20 WIB
Nina Atmasari
LIBUR AKHIR TAHUN : Libur Panjang, Pengunjung Beringharjo Diprediksi Naik 30% Taman dengan tulisan besar di Pasar Beringharjo menjadi titik untuk berfoto. (Istimewa)

Advertisement

Libur akhir tahun, Jogja akan dikunjungi wisatawan

Harianjogja.com, JOGJA-Libur panjang di penghujung tahun 2016 dipastikan Jogja akan dikunjungi banyak wisatawan. Sentra belanja seperti Pasar Beringharjo diprediksi akan mengalami kenaikan pengunjung hingga 30%.

Advertisement

Menurut Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Kota Jogja Maryustion Tonang mengungkapkan musim liburan akhir tahun ini tidak hanya bertepatan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017. Akan tetapi, anak-anak sekolah juga sudah memasuki masa libur sekolah.

"Pada libur panjang ini, dampaknya positif bagi pariwisata, terutama bagi pasar tradisional, seperti Pasar Beringharjo," ujar Maryustion kepada Harianjogja.com, Senin (19/12/2016).

Maryustion mengatakan, berbeda dengan pasar modern atau pusat perbelanjaan seperti mal. Pasar tradisional tidak hanya sekadar dikunjungi, tetapi juga menjadi sentra belanja, baik untuk pemenuhan kebutuhan maupun belanja buah tangan bagi para wisatawan di masa liburan.

Sedangkan mal atau pusat perbelanjaan modern, presentasenya lebih banyak dikunjungi untuk jalan-jalan daripada belanja.

"Maka, tingkat kebutuhan yang disediakan para pedagang di pasar tradisional akan meningkat signifikan. Kunjungan ke Pasar Beringharjo diprediksi akan mengalami kenaikan mencapai 30 persen," jelas Maryustion.

Jumlah pengunjung Pasar Beringharjo sebagai destinasi wisata belanja di Kota Jogja dipastikan akan membludak. Maka dari itu, Maryustion mengungkapkan akan mengoptimalkan tenaga keamanan di pasar tersebut.

Apabila perlu dilakukan penambahan personel dengan bekerjasama dengan kepolisian yakni Polsek Gondomanan dan Koramil Gondomanan.

Menjelang musim liburan, pihaknya juga akan melakukan pemantauan pada sejumlah alat pengamanan seperti pengecekan sejumlah CCTV yang dipasang di sejumlah lokasi vital di Pasar Beringharjo.

"Upaya-upaya ini kami lakukan agar pasar tradisional ini nyaman dan aman dikunjungi pengunjung maupun wisatawan yang ingin berbelanja keperluan di pasar ini," papar Maryustion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement