MUBENG BERINGHARJO : Mbah Joyo Sediakan Lemon Lokal maupun Impor

21 Desember 2016 16:55 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Mubeng Beringharjo kali ini menampilkan seorang penjual buah

Harianjogja.com, JOGJA--Air perasan lemon baik lokal maupun impor dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkannya, masyarakat bisa membeli di supermarket dan pasar tradisional. Kedua lemon ini bisa ditemukan di Pasar Beringharjo.

Salah satu pedagang lemon lokal, Mbah Joyo mengatakan, banyak yang membeli lemon lokal untuk dibuat minuman. Dari informasi yang dia dapat, lemon lokal memiliki banyak manfaat bagi tubuh sehingga banyak dicari orang.

"Satu kilogram lemon lokal dijual dengan harga Rp13.000. Ini asalnya dari Purworejo," kata dia kepada Harianjogja.com di Pasar Beringharjo, Jogja, Selasa (20/12/2016).

Ia tidak hanya melayani pembelian dalam jumlah besar. Masyarakat juga bisa membeli seperempat kilogram atau setengah kilogram. Meskipun tidak dimasukkan ke dalam kulkas, lemon lokal ini bisa bertahan cukup lama.

Beberapa sumber mengatakan, air perasan lemon baik dikonsumsi setiap pagi hari dengan dicampur air hangat. Air perasan lemon di pagi hari ini dapat membantu mencegah dehidrasi sekaligus membuang racun di tubuh hari sebelumnya.

Pasalnya, ketika tidur, Anda menghabiskan waktu berjam-jam membiarkan perut kosong sehingga tubuh mengalami dehidrasi dan tidak dapat melakukan semua fungsi yang tepat.

Air lemon juga menjadi solusi untuk membuat napas segar. Lemon juga membantu meredakan sakit gigi dan radang gusi. Bonusnya, antioksidan tinggi dan senyawa antibiotik juga dapat membantu mengurangi bau badan.

Minum air lemon hangat di pagi hari bisa mencegak meminum kafein. Kopi memiliki sifat diuretik yang membuat Anda buang air kecil terus menerus, sedangkan air lemon dapat melancarkan saluran pencernaan. Air lemon juga mampu membersihkan sistem pencernaan karena tidak semua makanan dapat dicerna oleh tubuh.

Mengonsumsi air lemon juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi. Asam askorbat (bentuk vitamin C) pada air lemon juga membantu penyembuhan luka dan peradangan sendi. Selain itu, vitamin C juga membantu mengurangi keriput dan noda di wajah.

Air lemon memiliki indeks glikemik rendah yang membuat gula darah tetap stabil dan membuat merasa kenyang dan berenergi lagi. Serat pektin di lemon juga membantu mencegah kelaparan. Aroma lemon dapat meningkatkan suasana hati juga. Aroma lemon juga membantu mengurangi kecemasan dan depresi karena menjaga saraf tetap tenang.