Advertisement

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Jelang Libur Panjang, Bahan Pangan Surplus

Jum'at, 23 Desember 2016 - 00:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
HARGA KEBUTUHAN POKOK : Jelang Libur Panjang, Bahan Pangan Surplus Seorang pembeli tengah memilih dagangan dilapak pedagang sembako di Pasar tradisional Piyungan. Pada hari pertama berlakunya harga baru BBM, sejumlah harga kebutuhan pokok untuk non-pabrikan sudah mulai berguguran seperti sayuran, daging, telur, beras dan cabai. (JIBI/Harian Jogja - Endro Guntoro)

Advertisement

Harga kebutuhan pokok untuk liburan

Harianjogja.com, SLEMAN -- Ketersediaan kebutuhan pangan pokok dan bahan bakar selama libur panjang di wilayah Kabupaten Sleman dipastikan mencukupi. Pemantauan untuk mengantisipasi munculnya praktik penimbunan barang hingga peredaran bahan pangan berbahaya.

Advertisement

Sekretaris Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sleman, Ambarwati mengungkapkan ketersediaan kebutuhan pokok terutama komoditas beras, daging sapi, daging ayam, cabe dan telur ayam mencukupi bahkan surplus.

"Beras terutama mengalami surplus hingga 6.577 ton. Namun, untuk cabe merah mengalami minus hingga Desember iniĀ  hingga 657 ton. Hal ini disebabkan kondisi musim, di mana hujan terus-menerus turun," ujar Ambarwati dalam jumpa pers, Kamis (22/12/2016).

Ambarwati menjelaskan untuk mendukung ketersediaan beras bagi rumah tangga miskin sedang telah didistribusikan beras daerah untuk alokasi bulan Desember. Sedikitnya 907.275 kilogram rasda disalurkan untuk 60.485 rumah tangga sasaran (RTS) di 86 desa.

Sedangkan, untuk ketersediaan bahan bakar terutama gas elpiji, relatif aman untuk menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru ini. Kuota gas elpiji ada kenaikan hingga 12% untuk menghadapi akhir tahun ini.

"Sisa kuotanya [LPG bersubsidi] untuk saat ini ada 583.233 tabung. Kami terus melakukan sosialisasi agar keluarga mampu serta pelaku industri dapat beralih ke elpiji 5 kilogram atau 12 kilogram," jelas Ambarwati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement