Temuan Arca di Seyegan, BPCB Bentuk Tim

28 Desember 2016 18:10 WIB Sleman Share :

Temuan arca di Seyegan ditindaklanjuti dengan pembentukan tim

Harianjogja.com, JOGJA- Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY akan membentuk tim terkait penemuan tiga arca di Sungai Mas Dusun Klangkapan III, Margoluwih, Seyegan beberapa waktu lalu. Tim tersebut akan melakukan analisis untuk menentukan apakah arca tersebut termasuk Benda Cagar Budaya (BCB) atau tidak.

Ketiga arca yang ditemukan adalah Durga, Agastya dan (diduga) Nandiswara. “Kalau dilihat sekilas, ketiga arca tersebut termasuk BCB. Tapi kami masih menunggu kepastian dari tim. Kemungkinan tim akan meneliti mulai tahun depan,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta Wahyu Astuti, Selasa (27/12/2016).

Menurutnya, ketiga arca tersebut ditemukan oleh anak-anak saat mandi di sungai, Jumat (23/12/2016) lalu. Penemuan tersebut sudah dilaporkan ke kantor BPCB pada Sabtu (24/12/2016).

Dijelaskan Wahyu, kondisi ketiga arca tersebut dalam keadaan baik. “Ini karena ditemukan di sungai. Berbeda jika ditemukan dalam tanah. Butuh waktu lebih lama untuk membersihkannya,” katanya.

Berdasarkan analisis Ikonografi (cabang sejarah seni yang mempelajari identifikasi, deskripsi dan interpretasi isi gambar), ketiga arca tersebut adalah peninggalan Kerajaan Mataram Hindu pada abad ke IX atau ke X.

“Kalau hasil penelitian tim menunjukkan arca tersebut termasuk BCB, tentu anak-anak yang menemukannya akan kami beri penghargaan,” ujar Wahyu.