Advertisement

Semakin Banyak Tenaga Kerja Mengadu ke Ombudsman DIY

Holy Kartika Nurwigati
Jum'at, 30 Desember 2016 - 13:55 WIB
Nina Atmasari
Semakin Banyak Tenaga Kerja Mengadu ke Ombudsman DIY Bursa kerja digelar event organizer yang bekerja sama dengan Alfabank Amik JTC, Tribune Jateng, Indosat dan Masjeki.com di Gedung Museum Ronggowarsito, Jl. Abdurahman Saleh No.1, Kota Semarang, Selasa-Rabu (27-28/9 - 2016). Dengan mengungkap tersedianya lowongan kerja di perusahaan/perusahaan besar seperti PT.Phapros, Bank BCA, Matahari Dept. Store, Toyota Nasmoco, Indosat, dan PT.Ungaran Sari Garment, tentu saja bursa kerja yang dibuka setiap pukul .09.00 WIB/16.00 WIB itu ramai dikunjungi pencari kerja. (JI

Advertisement

Semakin banyak tenaga kerja di DIY mengadu ke Ombudsman DIY


Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Tahun ini terjadi pergeseran aduan di Lembaga Ombudsman DIY  pada bidang swasta. Pada bidang ini, aduan tentang sektor ketenagakerjaan mengungguli sektor keuangan. Jumlah aduan untuk sektor ketenagakerjaan di tahun 2016 mencapai 49 kasus, tahun sebelumnya mencapai 40 kasus.

Kepala Bidang Pelayanan dan Investigasi LO DIY, Hanum Aryani mengungkapkan terdapat pergeseran kasus, di mana tahun lalu aduan sektor keuangan lebih banyak daripada sektor ketenagakerjaan.

"Perkembangan ekonomi, pembangunan dan masuknya era perdagangan bebas, memberi dampak yang luar biasa pada sektor ketenagakerjaan. Ada modus eksploitasi tenaga kerja di sini," beber Hanum, Kamis (29/12/2016).

Kasus-kasus yang banyak terjadi, di antaranya seperti penahanan ijazah tenaga kerja oleh pelaku usaha. Kasus ini cukup banyak diadukan dan merupakan persoalan yang cukup pelik. Pasalnya, belum ada sistem yang tegas untuk mengantisipasi praktik penahanan ijazah tersebut.

Selain itu,juga persoalan tentang kontrak kerja yang tidak sesuai, pemberian upah di bawah upah minimum hingga persoalan jaminan sosial yang tidak diperoleh sejumlah tenaga kerja.

"Penyelesaiannya selama ini masih dilakukan dengan mediasi saja. Paling menarik adalah penahanan ijazah yang bahkan praktiknya juga dilakukan oleh pengusaha kecil di bidang kuliner atau pada sales," imbuh Hanum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement