BENCANA SLEMAN : Evakuasi Batu Besar di Sambirejo Masih Berlangsung

19 Januari 2017 16:27 WIB Sleman Share :

Bencana Sleman terjadi berupa batu longsor

Harianjogja.com, SLEMAN- Evakuasi batu raksasa jatuh di kawasan perbukitan Ijo, Sambirejo, Prambanan, Rabu (18/1/2017) dilanjutkan Kamis (19/1/2017) ini.

Evakuasi lanjutan dilakukan karena posisi batu tertancap ke tanah sedalam satu seperempat meter. Beruntung tidak ada korban jiwa terkait peristiwa tersebut.

Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Prambanan Bandung Bondowoso Prawoto Brewok menjelaskan, evakusi batu dilakukan dengan cara memecah batu raksasa lebih dulu. Sampai kemarin, baru baru bisa dilewati kendaraan roda dua.

"Batu agak susah dipecah. Jenis batunya tidak keras tapi agak susah pecah karena tertancap dalam di tanah," jelasnya, Kamis (19/1/2017).

Relawan dan personel TNI masih terus mengevakuasi batu dan melakukan pengkondisian tanah di sekitar batu yang longsor.Hingga Kamis siang progres pemecahan batu glundung longsor tersebut mencapai 50%.

Batu tersebut menggelundung dari ketinggian 50 meter. Akibat deras dan beratnya batu yang jatuh, katanya, batu raksasa itu tertancap sedalam lebih dari satu meter.