Advertisement

Anak Muda Indonesia Bahagia, Tapi Bikin Terlena

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 12 Februari 2017 - 12:41 WIB
Nina Atmasari
Anak Muda Indonesia Bahagia, Tapi Bikin Terlena Sejumlah remaja melakukan selfie. (JIBI/Bisnis Indonesia - Abdullah Azzam)

Advertisement

Anak muda Indonesia memiliki tingkat kebahagiaan tinggi

Harianjogja.com, JOGJA- Berdasarkan survei yang dilakukan organisasi Inggris Varkey Foundation, tingkat kebahagiaan anak muda Indonesia termasuk tinggi. Skor umum mencapai 90%.

Advertisement

Kepala Program Pasca Sarjana Sosiologi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga menjabat sebagai Direktur Youth Studies Centre Fisipol UGM Najib Azca berpendapat, tingginya angka kebahagiaan anak muda Indonesia tersebut dikarenakan faktor budaya.

Anak muda khususnya di Jawa dan Sumatera, menurutnya dikenal memiliki tingkat kelenturan yang tinggi karena memandang kehidupan sebagai sesuatu yang indah.

"Mereka melihat hidup lebih rileks sehingga membuat orang Indonesia lebih enjoy. Jika dibandingkan orang di negara maju seperti Jepang dan Singapura yang memiliki tekanan lebih tinggi, anak muda Indonesia lebih enjoy," katanya saat dihubungi Harian Jogja, Jumat (10/2/2017) malam.

Anak muda di Jepang, China, dan negara maju lainnya memiliki tuntutan yang tinggi, baik tuntutan prestasi maupun pekerjaan. Saat tuntutan tersebut tidak tercapai, mereka akan mengalami stres yang berlipat. Tidak heran jika kegagalan itu diakhiri dengan bunuh diri.

"Maka tak heran angka bunuh diri pada kaum muda di negara maju sangat tinggi. Hal ini berbeda dengan karakter masyarakat Indonesia khususnya Jawa Melayu yang tidak terlalu berpikir spaneng," katanya.

Namun ada sisi lemahnya dari karakter itu yakni anak muda menjadi kurang bekerja keras dan kurang bersemangat dalam mencapai target.

Pihaknya melihat, saat ini tren kaum muda di pedesaan untuk berpindah ke kota cukup tinggi sehingga mereka memiliki kemudahan dalam mengakses kebutuhan pendukung hidup seperti media sosial. Namun tantangan hidup di kota lebih banyak seperti dalam berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan.

Akan tetapi menurutnya hal itu tetap menarik karena di tengah tantangan yang dihadapi, hasil survei tetap menunjukkan anak muda Indonesia paling bahagia. "Berarti mereka bisa menghadapi tantangan kehidupan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement