AKSI SOSIAL : Bintang Toedjoe Ajak Anak Muda Donor Darah

Dua orang muda mudi sedang melakukan donor darah pada acara yang digagas PT Bintang Toedjoe, di Lapangan Denggung, Sleman (2/4/2017). (I Ketut Sawitra Mustika/JIBI - Harian Jogja)
03 April 2017 20:55 WIB I Ketut Sawitra Mustika Sleman Share :

Aksi sosial digelar Bintang Toedjoe

Harianjogja.com, SLEMAN -- Perseroan Terbatas (PT) Bintang Toedjoe selaku produsen Extra Joss Blend menggelar aksi kemanusian dengan mengadakan donor darah massal di Lapangan Denggung, Sleman, Minggu (2/4/2017).

“Acara ini kami laksanakan karena stok darah sering kurang, target kami adalah 500 kantong darah. Sasaran utamanya adalah anak muda, karena anak muda masih takut donor darah,” kata Budi Prasetyo, Marketing Supervisor PT Bintang Toedjoe wilayah Jogja, di sela-sela acara.

Untuk menarik minat anak muda, Budi mengatakan pihaknya mengadakan beberapa usaha seperti mengkampanyekan #donoritukeren di media sosial, mengadakan roadshow ke beberapa instansi pendidikan, dan menyediakan berbagai hadiah menarik.

“Ada Yamaha N Max, tongsis bagi 50 orang pertama yang mengupload foto ke media sosial dengan #donor itu keren, dan dua action camera,” jelasnya.

Selain itu, menurut budi juga ada berbagai jenis kegiatan seperti lomba Palang Merah (PMR) SMA seluruh Jogja, Flip Bottle, PS 3, dan hiburan berupa band-band lokal SMA.

“Band-band itu [dihadirkan] tujuannya untuk menarik teman-temannya yang kemarin pas roadshow belum donor, biar hari ini mau donor darah.”

Acara donor darah yang diadakan oleh PT Bintang Toedjoe tidak hanya dilakukan di Sleman, acara ini juga digelar secara serentak di 84 kota di Indonesia dengan target mengumpulkan 50.000 kantong darah.

Sementara itu, Palang Merah Indonesia cabang Sleman yang digandeng sebagai partner sangat menyambut baik acara donor darah yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB ini.

“Acara ini sangat membantu karena stok darah PMI (Sleman) sedang menipis. Hasil hari ini akan digunakan untuk bulan puasa nanti,” kata Wulan Novri, staf bagian pengambilan darah PMI Sleman.

Apalagi menurut dia akhir-akhir ini kebutuhan kantong darah di Sleman cenderung meningkat karena tingginya penyakit kelainan darah dan ginjal yang mengharuskan penderitanya rutin melakukan cuci darah.

Acara donor darah itu sendiri menyedot banyak orang untuk melakukan donor darah, salah satunya Iwan. Ia mengatakan ikut donor darah karena alasan kemanusiaan dan kebugaran tubuhnya.

“Kata dokter, donor darah itu bagus buat tubuh. Terus juga ada kenikmatan batin yang susah untuk diungkapkan karena bisa mendonorkan darah untuk orang lain,” tutupnya.