UJIAN NASIONAL 2017 : Siswa Sebut Ada Soal yang Tidak Ada Jawaban

Siswa SMK Negeri 2 Solo mengerjakan soal menggunakan komputer saat mengikuti Ujian Nasional (UN) hari pertama berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) di SMK Negeri 2 Solo, Senin (13/4). Pelaksanaan UN CBT untuk siswa SMA/SMK sederajat di Kota Solo pada hari pertama berjalan lancar tanpa ada gangguan tekhnis. (JIBI/Solopos - Reza Fitriyanto)
07 April 2017 14:20 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Ujian Nasional 2017 di Kulonprogo dikeluhkan siswa

Harianjogja.com, KULONPROGO-Siswa jurusan Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pengasih menjumpai sejumlah soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang tidak diikuti dengan adanya jawaban yang tepat pada pilihan jawaban.

Dikemukakan oleh peserta ujian yang merupakan siswa setempat, Ika Septi Damayanti. Ia mencontohkan, misalnya jawaban yang sudah dihitung dengan benar adalah Rp12 juta, namun nominal tersebut tidak tercantum pada pilihan jawaban. Kendati demikian ia berharap hasil UN miliknya dan teman-temannya tetap memuaskan, dan cita-citanya tercapai.

Kepala SMK N 1 Pengasih Erlan Djuanda menyatakan hal senada. Persoalan yang dialami siswa baru terjadi pada UNBK mata pelajaran program keahlian, sedangkan pada hari pertama hingga hari ketiga UNBK yang diikuti 314 peserta itu berjalan lancar, tanpa hambatan. Bahkan, pelaksanaan UNBK di sana hanya berlangsung dua sesi.

Untuk jurusan multimedia juga terjadi persoalan, gambar yang tidak timbul pada soal UNBK. Selain itu, dalam Rekayasa Perangkat Lunak, muncul pertanyaan namun tidak muncul pilihan jawaban yang harus dipilih oleh siswa.

Masalah yang ditemui selama UNBK itu, menjadi laporan khusus sekolah kepada panitia penyelenggara UNBK, dan jumlah soal yang bermasalah itu bahkan ada yang lebih dari 10 soal.

"Anak-anak ada yang tetap mengisi, ada juga yang mengosongkan jawaban,"ujar dia, ditemui di sekolah, Kamis (6/4/2017).

Ia berharap, hasil UNBK milik siswa tetap dapat membawa mereka pada hasil akhir yang optimal.