Harga Kebutuhan Pokok Stabil Rendah

Seorang pembeli tengah memilih dagangan dilapak pedagang sembako di Pasar tradisional Piyungan. Pada hari pertama berlakunya harga baru BBM, sejumlah harga kebutuhan pokok untuk non-pabrikan sudah mulai berguguran seperti sayuran, daging, telur, beras dan cabai. (JIBI/Harian Jogja - Endro Guntoro)
08 April 2017 20:22 WIB Jogja Share :

Harga Kebutuhan pokok mulai menunjukkan penurunan

Harianjogja.com, JOGJA-Harga komoditas pokok mulai mengalami penurunan selama selama pekan pertama April 2017. Kendati harga komoditas cabai rawit merah berangsung turun, namun harga cabai ini masih relatif mahal dengan harga jual rata-rata Rp50.000 per kilogram.

"Masih mahal walaupun sudah turun, sekarang per kilonya Rp50.000," ujar Ani salah satu pedagang di Pasar Kranggan ditemui Harian Jogja, Jumat (7/4/2017).

Ani mengungkapkan, harga komoditas bawang merah juga turun cukup drastis. Harga bawang merah yang dijualnya mencapai Rp25.000 per kilogram. "Sebelumnya harga bawang merah sampai lebih dari Rp30.000, sekarang sudah murah," jelas Ani.

Sedangkan pada komoditas daging ayam potong, relatif stabil tinggi di kisaran Rp30.000 per kilogram. Sri Riyani, pedagang ayam potong di pasar ini mengaku penjualan masih belum menentu. Apalagi sebentar lagi dekat dengan puasa atau Ramadhan, penjualan biasanya akan mulai sepi.

"Kalau sekarang masih relatif murah. Karena nanti masuk puasa, daging ayam biasanya makin mahal bisa di atas Rp30.000 per kilonya, yang beli cuma seperempat kilogram juga makin mahal," papar Sri.

Sementara itu berdasarkan data pemantauan harga kebutuhan pokok di tiga pasar utama Kota Jogja dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY menunjukkan fluktuasi harga yang relatif stabil. Pada komoditas daging sapi harga masih stabil di kisaran antara Rp103.000 sampai Rp116.000, dari jenis daging semur hingga kualitas has.

Sedangkan pada kelompok sembako, harga beras, gula pasir dan minyak goreng cenderung stabil. Harga komoditas sayur jenis tomat mengalami kenaikan sekitar Rp1.000. Harga tomat dari Rp7.333 per kiogram naik menjadi Rp8.333.