Kakanwil Kemenkum HAM DIY Dilantik Jadi Majelis Kehormatan Notaris Wilayah

Dua pejabat di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DI Yogyakarta sumpah sebagai Majelis Kehormatan Notaris Wilayah dan Majelis Pengawas Wilayah Notaris DIY. (Anton Wahyu Prihartono/JIBI - Harian Jogja)
11 April 2017 17:20 WIB Anton Wahyu Prihartono Bantul Share :

Dua pejabat di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DI Yogyakarta dilantik

Harianjogja.com, JOGJA-Dua pejabat di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DI Yogyakarta dilantik dan diambil sumpah sebagai Majelis Kehormatan Notaris Wilayah dan Majelis Pengawas Wilayah Notaris DIY.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Dirjen Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAMĀ  Freddy Harris di Aula Kanwil Kemenkum HAM DIY, Gedongkuning, Banguntapan, Bantul, Selasa (11/4/2017).

Dua pejabat yang dilantik adalah Dewa Putu Gede yang menjabat Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM DIY dan Heriyanto, pejabat di Kanwil Kemenkum dan HAM DIY.

Freddy Harris dalam sambutanmya meminta kepada Dewa dan Heriyanto meminta untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional. Di Indonesia ada sekitar 14.000 notaris, sementara di DIY ada sekitar 400 notaris. Dari jumlah itu, Freddy mengakui ada sedikit notaris nakal yang kerjanya merugikan masyarakat.

"Bisa jadi dari 400 notaris itu ada lima atau sepuluh notaris nakal yang merusak citra notaris," ujar Freddy.

Untuk itu, dia meminta agar notaris nakal yang jelas-jelas melakukan perbuatan pidana atau kriminal untuk ditindak tegas. "Saya minta notaris nakal yang berbuat kriminal jangan dilindungi. Tapi kalau hanya melakukan kesalahan admistrasi, ya bantu mereka," kata Freddy.

Dirjen meminta kepada Dewa dan Heriyanto untuk membangun komunikasi yang baik kepada aparat lain seperti kepolisian dan kejaksaan "Komunikasi itu penting dilakukan dalam rangka mendukung kinerja," ujar Dirjen.

Mendapat amanah itu, Dewa menyatakan siap untuk memberikan yang terbaik atas amanah itu. "Siap. Saya akan laksanakan dengan sungguh-sungguh. Tadi Pak Dirjen sudah komitmen mendukung di belakang saya untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya," kata Dewa.