PENDIDIKAN BANTUL : SD Unggulan 'Aisyiyah Latih Kemandirian dengan Berkemah

Para siswa dan guru SD Unggulan Aisyiyah Bantul berpose seusai prosesi pembukaan kegiatan Kemah Bhakti 2017 di Pavajo Jalan Parangtritis KM 17,5, Jumat (14/4/2017). (Rheisnayu Cyntara/JIBI - Harian Jogja
15 April 2017 11:20 WIB Rheisnayu Cyntara Bantul Share :

Pendidikan Bantul di SD Unggulan 'Asyiyah Bantul melatih kemandirian para siswa kelas 4 dan 5 dengan mengadakan kegiatan Kemah Bhakti

Harianjogja.com, BANTUL --SD Unggulan 'Asyiyah Bantul melatih kemandirian para siswa kelas 4 dan 5 dengan mengadakan kegiatan Kemah Bhakti pada Jumat - Sabtu (14-15/4/2017) bertempat di Pavajo Jalan Parangtritis KM 17,5. Ada 201 siswa yang mengikuti kegiatan Kemah Bhakti ini, terdiri dari 105 siswa putra dan 96 siswa putri.

Kepala Sekolah SD Unggulan Aisyiyah Bantul, Suwardi mengatakan selain melatih kemandirian, kegiatan ini juga dimaksudkan agar siswa bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan.

Misalnya dalam urusan konsumsi, para siswa wajib memasak sendiri. Panitia kegiatan Kemah Bhakti memberikan daftar kebutuhan yang harus dibawa kepada pembina pendamping masing-masing regu. Pada H-2, kedua pembina pendamping mengkoordinasi dan membagi tugas para siswa.

"Mereka berkumpul di sela-sela istirahat pelajaran untuk bagi-bagi tugas antar anggota regu, siapa membawa apa. Lalu di sini, mereka harus memasak sendiri," kata dia pada Jumat (14/4/2017).

Suwardi menjelaskan, orang tua siswa juga dilibatkan dalam kegiatan Kemah Bhakti ini. Para orang tua siswa lah yang mengantarkan putra putrinya ke lokasi kegiatan pada Jumat pagi dan menjemput mereka pada Sabtu siang pukul 11.00 WIB. Namun orang tua siswa tidak diperkenankan datang kecuali untuk mengantar dan menjemput.

"Jadi keterlibatan ada, orang tua juga tahu lokasi kegiatannya tapi pendidikan kemandiriannya juga ada," ujar dia.

Suwandi berharap setelah mengikuti kegiatan Kemah Bhakti ini para siswa dapat lebih mandiri, dewasa, cerdas, tangkas, bertaqwa, dan memiliki akhlaq yang baik. Siswa tidak hanya berkemah namun ada banyak kegiatan yang disusun oleh panitia. Di antaranya outbound, lomba keagamaan, api unggun, pentas seni, kultum, tadarus, lomba memasak, lomba ketrampilan kreasi dengan barang bekas, dan bakti sosial ke Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Darul Fatikhah di Kecamatan Pundong.

Ketua Panitia Kemah Bhakti, Muhammad Eko Prasetyo mengatakan kegiatan bakti sosial ini diikuti oleh 10 orang perwakilan dari siswa dan beberapa guru untuk menyerahkan bantuan berupa sembako dan pakaian pantas pakai.

Kegiatan Kemah Bhakti ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Pada pembukaan kegiatan kali ini turut hadir pula Kwartir Pusat Hizbul Wathon, Hadjam Murusdi, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Bantul, Her Muryani, dan Kwartir Daerah Kabupaten Bantul, Suwandi.