AKSI SOSIAL : Tarik Minat Pendonor Darah, SMA Muhi Siapkan Acara Ini

Ilustrasi transfusi darah oleh donor darah sukarela PMI (JIBI/Solopos - Dok.)
17 April 2017 08:55 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Aksi sosial berupa donor darah digelar SMA Muhammadiyah 1.

Harianjogja.com, JOGJA -- SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Jogja mengadakan acara donor darah pada Minggu (16/4/2017). Acara ini diadakan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama.

Ketua satu Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMA Muhammadiyah 1 Jogja, Sultan Fauzan, mengatakan acara donor darah diadakan untuk menumbuhkan kepedulian kepada sesama manusia, khususnya generasi muda.

"Karena sering sekali ada pengumuman di media sosial tentang orang yang membutuhkan darah. Harapannya ini bisa memenuhi kebutuhan darah tersebut," katanya di sela-sela acara.

Menurut Fauzan, acara donor darah rutin dilakukan pihaknya sejak tiga tahun yang lalu. Awalnya, ia menambahkan, acara donor darah diadakan dalam rangka ulang tahun sekolah. Tapi karena acara ulang tahun SMA Muhammadiyah 1 yang jatuh pada akhir tahun, maka acara di laksanakan pada bulan April.

"Stok darah PMI [Palang Merah Indonesia] pada akhir tahun biasanya banyak. Jadi kami hanya bisa nyumbang dikit, padahal masih banyak yang pengen donor."

lebih lanjut Fauzan mengatakan,  tahun ini pihaknya berusaha mengumpulkan 50 kantong darah. Tapi jika jumlah pendaftar ternyata melebihi target, ia juga tak mempermasalahkan.

Sementara itu, Aziz Ilham Hanafi, ketua panitia acara, mengatakan target utama yg ingin disasar  adalah warga yang bermukim di sekitaran SMA Muhammadiyah 1. Untuk menggaet peserta, Aziz mengatakan pihaknya sengaja mengadakan berbagai macam lomba bagi anak usia 5 sampai 9 tahun.

"Ada lomba mewarnai, lomba puisi, lomba adzan, lomba hafalan surat pendek Al Quran, dan lomba pidato. Supaya orang tuanya mau ikut donor darah sambil nganterin anaknya lomba," jelas Aziz. Selain lomba, Aziz juga menyebut panitia sudah menyiapkan berbagai hadiah menarik seperti sepeda, rice cooker, kipas angin, dvd player, dan sembako.

Secara terpisah, Sujiran, staf PMI Kota Jogja, mengatakan acara-acara donor darah yang diadakan oleh sekolah maupun universitas sangat membantu PMI kota Jogja dalam menjaga stok darah agar tetap aman.

"Acara seperti ini sangat menunjang keberadan stok darah. Kalau stok darah cukup, kami bisa menyalurkan ke daerah-daerah lain seperti Semarang, Klaten, dan Temanggung," ucapnya.