WING CHUN : Seni Bela Diri Unik ala Bruce Lee

Suasana latihan Wing Chun yang diikuti oleh puluhan peserta yang tergabung dalam Brotherhoon of Wing Chun Jogja. (Ist)
20 April 2017 09:40 WIB Holy Kartika Nurwigati Jogja Share :

Dari film inilah, seni beladiri kungfu aliran Wing Chun tersebut dikenal luas

Harianjogja.com, JOGJA—Bruce Lee dikenal sebagai aktor bela diri yang dikenal dengan teknik kungfu yang unik. Sejak sukses memopulerkan bela diri yang dikenal dengan nama Wing Chun, penggemar dan penikmat film bertanya-tanya, dari mana sang aktor belajar bela diri Wing Chun.

Aktor yang populer di era 1960-an itu belajar bela diri Wing Chun kepada Yip Man yang lebih dikenal dengan nama Ip Man. Menguak sejarah tentang master kungfu aliran Wing Chun ini, beberapa film tentang sosok legendaris ini dirilis. Dari film inilah, seni beladiri kungfu aliran Wing Chun tersebut dikenal luas.

“Seni bela diri ini mulai dikenal sejak film Ip Man diputar. Orang jadi penasaran dengan bela diri ini,” ujar Founder Brotherhood of Wing Chun Jogja, Destyan Adi Wasesa, kepada Harian Jogja, Rabu (19/4/2017).

Bela diri ini kali pertama masuk ke Indonesia pada 2010 dan mulai diperkenalkan ke Jogja pada 2013. Destyan mengatakan salah satu aliran bela diri kungfu ini memiliki karakter yang unik. Kendati mengandalkan sisi kelembutan, bela diri ini juga menonjolkan kecepatan dalam penerapannya.

Wing Chun juga lebih menonjolkan yin yang serta center line. Namun, fokusnya tetap menampilkan kelembutan. Semakin lembut gerakannya, maka akan semakin bagus. Sama seperti aliran bela diri kungfu lainnya, seperti wushu dan taichi, Wing Chun pun mengandalkan teknik pernapasan kesehatan dalam setiap penerapan tekniknya.

Destyan mengatakan ada tiga teknik dasar yang diajarkan untuk memperkuat siku dalam Wing Chun, yakni Siu Lim Pao, Chum Kiu dan Biu Gee. “Ada satu teknik lagi aplikasinya pada boneka kayu yang disebut dengan Mok Yang Jong,” paparnya.

Saat ini, peminat seni bela diri ini di Jogja terus bertambah. Kendati masih sebagian besar didominasi mahasiswa, setiap latihan selalu ada anggota baru yang bergabung dalam Brotherhood of Wing Chun Jogja. Sedikitnya ada 25 orang hingga 30 orang berlatih dalam satu sesi latihan.

Wadah latihan Wing Chun di Kota Pelajar ini tersebar di lima lokasi, di antaranya di Jamace Jalan Solo, Klitren, Kasihan Bantul, Gedung Serbaguna Karangwaru dan Kusumanegara. “Wing Chun pada dasarnya memberikan manfaat yang sama dengan seni bela diri kungfu lainnya. Menjaga kebugaran sehingga bermanfaat pada kesehatan,” ucap Destyan.